Daihatsu Perlihatkan Mobil Konsep Ayla EV di GIIAS 2022

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 August 2022

Daihatsu Perlihatkan Mobil Konsep Ayla EV di GIIAS 2022

momobil.id – Menanggapi era kendaraan elektrifikasi di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan mobil listrik di GIIAS 2022. Tidak hanya memperlihatkan Daihatsu Rocky versi hybrid, Daihatsu memperlihatkan mobil konsep terbaru, yaitu Daihatsu Ayla EV.

Daihatsu memilih Ayla menjadi mobil listrik karena pihaknya sudah memperkenalkan mobil tersebut dari tahun 2013. Ayla dirasa lebih pas untuk dijadikan mobil listrik karena Daihatsu sudah memiliki banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bahan riset. Selain itu, pemilihan Daihatsu Ayla sebagai mobil listrik juga memungkinkan untuk berkolaborasi dengan produsen lokal dan UMKM.

“Mobil konsep ini (Ayla EV) merupakan Riset and Development kita sendiri (Daiahstu), makanya kita pakai mobil yang sudah lama diperkenalkan, karena kita sudah memproduksi mobil ini sejak 2013,” ujar Sri Agung Handayani, Direktur Marketing PT ADM dilansir dari detikOto.

Tampilan dari Ayla EV

Dari segi eksterior, tampilan dari Ayla EV tidak jauh berbeda dibanding Ayla dengan mesin konvensional. Ubahan paling jelas terletak pada bagian grille depan yang kini tertutup. Selain itu, lampu depan juga terlihat sedikit berbeda dengan penggunaan kaca smoke.

Berlanjut ke bagian samping, Ayla EV menggunakan kamera sebagai spion utama. Meskipun demikian, hal ini belum tentu akan diaplikasikan ke versi produksi dari Ayla listrik.

Sementara untuk bagian belakang, lampu dari Ayla EV berbeda dengan versi standar. Jika pada versi standar lampu bagian atas yang terlihat menyambung, Ayla EV memiliki lampu dengan bagian bawah menyambung hingga pintu bagasi. Selain itu, bumper belakang pada Ayla EV memiliki lekukan yang berbeda.

Baca Juga: Mengintip Spesifikasi Mobil Termurah di Indonesia

Interior Ayla EV

Beralih ke bagian interior, Ayla EV dilengkapi layar kecil pada sisi kanan dan kiri yang berfungsi sebagai kaca spion. Pada bagian dashboard, terdapat layar head unit. Di bawah head unit, Ayla EV menggunakan kenop yang berfungsi untuk menganti transmisi. Meskipun sudah ada kenop transmisi, Ayla EV masih menggunakan rem tangan manual yang perlu ditarik untuk diperasikan.

Bagian Drivetrain

Teknisi lokal lebih berfokus kepada pengembangan baterai, suspensi, dan drivetrain. Struktur platform pada Daihatsu Ayla EV juga dirancang sedemikian rupa agar tetap nyaman.

Jika sebelumnya Ayla menggunakan mesin konvensional berkode 3NR-VE, Ayla EV sepenuhnya menggunakan motor listrik. Mobil ini menggunakan baterai dengan kapasitas 32 kWh dan motor elektrik bertenaga 60 kW.

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas