Daihatsu Siapkan MPV Baru dengan Sasis DNGA?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 May 2020

Daihatsu Siapkan MPV Baru dengan Sasis DNGA?

momobil.id – Daihatsu kabarnya tengah mempersiapkan sebuah MPV baru berbasis DNGA alias Daihatsu New Global Architecture. MPV anyar ini disebut memiliki konfigurasi tiga baris tempat duduk dan berkapasitas enam penumpang.

MPV baru Daihatsu berbasis DNGA ini kabarnya akan meluncur pada akhir 2020. Sebagai informasi, sasis DNGA saat ini baru digunakan pada segelintir produk generasi baru seperti Daihatsu Rocky, Taft, atau Toyota Raize.

Seperti dilansir Kompas.com, MPV dengan platform DNGA ini disiapkan dengan beberapa pilihan mesin. Pertama adalah mesin turbo 3-silinder 1.000 cc turbo yang dipakai Rocky. Kemudian tersedia juga mesin hybrid 3-silinder 1.200 cc dengan motor listrik, yang kabarnya bakal dikembangkan Toyota.

Di sisi lain, Daihatsu sebetulnya sempat mengenalkan MPV konsep DN Multisix lewat ajang GIIAS 2017 dan Tokyo Motor Show 2017 lalu. Menariknya, model ini digadang-gadang jadi pengganti Xenia di masa mendatang, dan bakal diluncurkan setelah tahun 2019.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Membiarkan Tangki Bensin Terlalu Lama Kosong

Namun, apakah bocoran mobil baru tadi merujuk pada DN Multisix? Yang jelas, jika MPV baru Daihatsu itu adalah Xenia di masa depan, ini akan jadi suatu lompatan yang cukup besar.

Xenia bakal menjadi MPV modern lantaran menggunakan sasis DNGA, dan mengusung penggerak roda depan karena menggunakan mesin yang dipakai oleh Rocky. Dan jika Xenia bakal melakukan ubahan besar, pasti kembarannya, Toyota Avanza juga akan ikut berbenah dengan platform DNGA.


Kembali ke atas