Pede Saingi Pabrikan Jepang, Ini Deretan Brand Mobil Asal Tiongkok yang Bakal Ramaikan GIIAS 2024

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 8 May 2024

Pede Saingi Pabrikan Jepang, Ini Deretan Brand Mobil Asal Tiongkok yang Bakal Ramaikan GIIAS 2024

momobil.id – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 rencananya akan berlangsung tanggal 18-28 Juli di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang. Sejumlah pabrikan mobil asal Tiongkok pun sudah dipastikan menjadi peserta pameran GIIAS 2024.

Dalam beberapa tahun terakhir, pabrikan mobil asal Tiongkok yang mencoba peruntungannya di pasar otomotif Indonesia kian bertambah.

Hal ini karena pasar otomotif di Indonesia dinilai masih menjanjikan. Ini yang menyebabkan pabrikan asal Negeri Tirai Bambu berlomba-lomba menanamkan investasi di dalam negeri meski brand mereka belum terdengar familiar dan saat ini pasar domestik masih didominasi pabrikan Jepang.

Menurut Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo, bertambahnya pabrikan asal Tiongkok yang beroperasi di Indonesia merupakan hal yang positif bagi pasar otomotif dalam negeri.

“Saat ini produsen mobil global khususnya dari China terus bidik pasar Indonesia. Dan mereka semangat berinvestasi guna membangun pabrik dan infrastrukturnya di tanah air. Bagi Gaikindo, hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat positif bagi perkembangan industri otomotif Indonesia,” ujar Nangoi.

Indonesia, kata Nangoi, merupakan pusat ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Apalagi demografi anak muda saat ini mulai mendominasi. Ini membuat pasar roda empat sangat potensial dan menjadi daya tarik tersendiri bagi produsen otomotif global.

Lalu, apa saja brand mobil asal Tiongkok yang bakal meramaikan GIIAS 2024? Berdasarkan keterangan dari pihak Gaikindo, pabrikan mobil yang sudah menyatakan ikut serta pada pameran ini adalah Wuling, BYD, Seres, Jetour, Chery, GAC Aion, Neta, GWM, dan BAIC.

Adapun ajang GIIAS 2024 akan menempati total 11 area hall ICE BSD City, dengan penambahan satu hall baru seluas 12.000 meter persegi, termasuk total 50 merek peserta kendaraan penumpang, kendaraan komersial, sepeda motor, dan ratusan merek industri pendukung.

Baca juga: Blue Bird Umumkan Penggunaan BYD e6 Gen 2 Sebagai Armada Taksi Listrik Terbaru

“Tahun ini akan menjadi penyelenggaraan GIIAS dengan area terbesar dan terlengkap, antusiasme peserta yang ingin menjadi bagian dari pameran GIIAS 2024 masih sangat tinggi, kami masih terus berkoordinasi untuk mengakomodir kebutuhan para peserta,” kata Ketua III sekaligus ketua Penyelenggara Gaikindo Rizwan Alamsjah.

“Pada GIIAS tahun ini tercatat ada delapan merek baru mobil dan motor akan tampil, dan kami masih dalam proses diskusi kepesertaan dengan beberapa merek lainnya, sehingga angka peserta masih akan bertambah,” tambahnya.

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas