Di Negara Ini, Plat Nomor Warna Kuning Bukan untuk Angkutan Umum

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 July 2020

Di Negara Ini, Plat Nomor Warna Kuning Bukan untuk Angkutan Umum

momobil.id – Plat nomor kuning pada umumnya digunakan untuk kendaraan umum, termasuk di Indonesia. Namun ada juga beberapa negara yang menggunakan plat nomor kuning bukan untuk angkutan umum, melainkan untuk kendaraan pribadi.

Pelat warna kuning digunakan untuk membedakannya dengan kendaraan pribadi maupun jenis kendaraan lainnya yang berbeda peruntukkannya. Dengan menggunakan pelat warna kuning, kendaraan tersebut pun lebih mudah dikenali sebagai kendaraan umum saat melintas di jalan raya.

Seperti dilansir Liputan6.com, plat nomor kuning biasanya digunakan untuk kendaraan umum seperti bus, angkutan kota, taksi, dan sebagian truk. Pada tanggal 1 Agustus 2020 nanti, Vietnam pun menjadikan pelat warna kuning untuk angkutan umum. Negara lain yang menjadikan pelat warna kuning sebagai angkutan umum seperti Thailand, Mesir, dan Swedia.

Hanya saja, di beberapa negara itu, ada aturan tambahan seperti warna latar pelat nomor. Sementara itu, di India, Denmark, dan Hongaria memakai pelat nomor kuning kombinasi hitam untuk taksi dan kendaraan transportasi. Pengemudi kendaraan pelat kuning di India harus memiliki SIM yang terpisah.

Meski begitu, di beberapa negara lainnya lagi, pelat warna kuning justru dipakai untuk kendaraan pribadi. di benua Asia, Singapura dan Hong Kong menggunakan pelat warna kuning untuk kendaraan pribadi. Di dua negara itu pelat kuning dipasang di belakang dan pelat putih di bagian depan.

Hal ini tentu saja berbeda dengan yang berlaku di Indonesia maupun negara lain yang menggunakan pelat warna kuning untuk angkutan umum. Sedangkan di Gibraltar, Isle of Man, Jersey, dan Inggris juga memiliki pelat kuning, lebih tepatnya warna emas di bagian belakang.

Lalu di Denmark dan Luksemburg sebenarnya diharuskan menggunakan pelat nomor emas-hitam untuk depan dan belakang. Dibandingkan dengan penggunaan pelat nomor dengan latar warna putih, biru, merah, pelat nomor dengan latar warna emas-hitam lebih baik untuk identifikasi, terutama di malam hari.

Baca juga: Melihat Adu Spesifikasi Toyota Corolla Cross vs Honda HR-V

Nah, kesimpulannya, penggunaan pelat nomor warna kuning tak hanya digunakan di Indonesia. Negara lain juga ada yang menjadikan pelat warna kuning untuk angkutan umum, meski ada juga negara lain yang memiliki peraturan berbeda dan menjadikan pelat warna kuning sebagai tanda untuk kendaraan pribadi.


Kembali ke atas