Dikirim ke Jawa Timur, Mobil PCR Canggih Siap Tangani COVID-19

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 2 June 2020

Dikirim ke Jawa Timur, Mobil PCR  Canggih Siap Tangani COVID-19

momobil.id – Penyebaran virus corona atau COVID-19 sudah meluas di Indonesia, tidak terkecuali Jawa Timur. Untuk menangani penyebaran virus ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengirim mesin pemeriksaan virus Polymerase Chain Reaction (PCR) ke Jawa Timur. Mesin PCR ini dibawa di dalam mobil sehingga mudah untuk dibawa ketika ingin melakukan pemeriksaan. Salah satu mobil Lab Bio Safety Level 2 yang membawa mesin PCR ini sudah tiba di Surabaya, Jawa Timur pada 27 Mei 2020 lalu.

Pengiriman mobil PCR Lab Bio Safety tersebut memiliki alasan, karena penyebaran virus COVID-19 di Jawa Timur kian meluas. Dalam beberapa hari terakhir, angka penyebaran virus COVID-19 di Jawa Timur tergolong lebih banyak jika dibandingkan dengan provinsi lain. Dalam beberapa kali, kasus COVID-19 di Jawa Timur dalam sehari bisa melebihi kasus yang terjadi di DKI Jakarta. DKI Jakarta merupakan provisi yang memiliki kasus terbanyak di Indonesia. Sejak 21 Mei yang lalu, angka kasus COVID-19 di Jawa Timur mencapai rekor tertinggi, yaitu sebanyak 502 kasus dalam sehari.

“Dalam beberapa hari terakhir ini memang terjadi peningkatan sejumlah kasus, namun tidak terlepas upaya pemerintah Surabaya Jawa Timur untuk memperbanyak pemeriksaan,” kata Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dilansir dari voi.id.

Baca Juga : Rencana dan Strategi Baru Nissan: Luncurkan 12 Model Hingga Penggunaan ProPilot

Mengenai Mesin PCR Mobile Combat COVID-19

Mengenai mesin mobile combat COVID-19 yang dikirim ke Surabaya, mesin ini memiliki teknologi canggih dan lebih canggih dibanding mesin PCR biasa. Mobile Combat COVID-19 ini memiliki teknologi canggih yang langsung dikirim dari Korea Selatan. Mesin PCR biasa membutuhkan waktu 24 jam untuk mendapatkan hasil tes COVID-19. Dengan mesin mobile combat ini, pemeriksa bisa mengetahui hasil seseorang terjangkit virus atau tidak hanya dalam waktu 40 menit. Teknologi crystal mix dengan reagen yang padat membuat mesin ini menjadi mesin yang cukup canggih. Dalam mesin ini, terdapat tiga titik negative preasure yang diinstall. Satu titik di dalam kabinet, satu titik di swab cambers, dan satu titik lagi di dalam ruangan.

Dengan adanya mesin mobile combat COVID-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 berencana untuk menambah kembali 3 unit kendaraan. Kendaraan ini dengan spesifikasi bio safety cabinet (BSC) II berteknologi nano. Penambahan mobil combat ini nantinya akan dikirim ke Lumajang, Surabaya, dan Sidoarjo.

Sumber gambar : news.detik.com.


Kembali ke atas