DIY: Memelihara Mesin Mobil Agar Tetap Beringas

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 23 November 2018

DIY: Memelihara Mesin Mobil Agar Tetap Beringas

Mesin Mobil | Mobil Bekas

Biarpun usia mobil Anda terbilang tua, jangan sepelekan pemeliharaan mesinnya. Karena, selain desain yang menarik, mesin mobil yang beringas dan tidak rewel adalah alasan utama Anda memilikinya. Pemeliharaannya pun tidak serumit yang Anda bayangkan.

Mesin adalah bagian terpenting dari kendaraan Anda yang harus dijaga kondisi, penggunaan dan perawatannya. Untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi prima, mesin wajib dirawat secara berkala. Dan tak perlu merogoh kocek dalam-dalam dengan menyerahkannya ke bengkel. Untuk mengurangi pengeluaran biaya perawatan mesin, Anda juga bisa menanganinya sendiri di rumah.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dijadikan referensi untuk perawatan mesin mobil Anda. Begini caranya:

Ganti oli mobil Anda secara berkala

Anda harus memahami kebutuhan oli mobil Anda sebelum melakukan penggantian oli secara berkala. Karena setiap mobil memiliki aturan tersendiri mengenai penggantian oli, jenis oli yang harus digunakan dan juga usia oli terhadap jarak tempuh kendaraan yang umumnya berkisar dari 3000 sampai 5000 km.

Cek kondisi radiator

Radiator memiliki peran sebagai penjaga suhu mesin agar tetap dalam kondisi stabil sehingga tidak terjadi overheating. Perhatikan juga coolant atau air radiator. Jika air radiator tidak berfungsi dengan baik, maka mesin akan cepat panas dan menimbulkan kerusakan. Pastikan juga bahwa tidak ada kebocoran pada radiator.

Cek kondisi filter saringan karburasi

Mobil Anda akan sulit dihidupkan jika filter karburasi Anda kotor. Untuk membersihkannya, Anda cukup menggunakan sikat gigi bekas untuk menggosok kotoran dan kerak yang menempel pada saringan tersebut. Dan jangan meniup saringan dengan kompresor atau hairdryer karena justru akan menyebabkan kerusakan.

Buang kerak kotoran yang menempel pada mesin

Untuk membersihkan kerak kotoran yang terdapat di permukaan mesin, Anda cukup melakukannya dengan cara mencuci dan menggosoknya saja. Namun untuk membersihkan kerak kotoran yang terdapat di dalam mesin, Anda harus menyalakan mesin Anda dan menginjak pedal gas lebih dalam. Ini akan membuat kerak dan kotoran mesin keluar melalui lubang knalpot.

Isi penuh tangki bensin mobil Anda

Tangki bensin yang tidak terisi penuh akan menimbulkan kotoran pada bagian atas tangki. Akan sangat berbahaya jika kotoran tersebut terbawa ke saluran pembakaran. Maka, ada baiknya jika sesekali Anda mengisi tangki bensin hingga penuh. Ingat, jangan sampai luber, karena ada ruang udara yang dibutuhkan dalam proses konsumsi bahan bakar.

Itu adalah beberapa acuan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat mesin mobil Anda. Yuk, rawat mobil sendiri!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock


Kembali ke atas