DIY: Merawat Interior Mobil

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 16 October 2018

DIY: Merawat Interior Mobil

Perawatan Mobil | Mobil Bekas

Mungkin Anda sudah memiliki cara tersendiri dalam merawat interior mobil selama ini. Misalkan pergi ke salon mobil dan mempercayakan penanganannya pada salon kepercayaan Anda. Tunggu dan bayar, tidak rumit bukan?

Namun selain itu, jangan lupa kalau merawat mobil itu sama dengan memelihara. Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan cara DIY atau Do It Yourself. Selain lebih hemat, merawat sendiri interior mobil adalah bentuk kepedulian dan penanganan terhadap mobil pribadi Anda. Bagaimana cara melakukannya?

Dashboard Mobil

Area dashboard mobil Anda adalah area paling depan dan paling rentan terpapar matahari dan debu. Agar kondisi dashboard selalu bersih dan bebas debu, gunakan lap atau kemoceng untuk menghilangkan debu yang menempel. Gunakan sikat atau kuas untuk menjangkau daerah yang sulit agar semua debu terangkat. Jangan lupa untuk juga menggunakan pelembab dashboard agar selalu bersih dan terlindung dari paparan sinar matahari.

Jok Mobil

Untuk membersihkan jok mobil Anda ternyata tidak susah, lho. Apalagi jika jok mobil Anda berbahan kulit. Anda hanya butuh lap lembab dan lap kering, dan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran yang tersumbat di sela-sela jok.  Langkah pertama, mulai dengan menyedot debu menggunakan vacuum cleaner, lalu basuh dengan lap lembab hingga debu terangkat seutuhnya.

Langit-Langit Mobil

Sekalipun Anda jarang menatap bagian langit-langit mobil Anda, jangan sampai lupa membersihkan area yang sangat rentan debu ini. Tentu Anda tidak mau kan, seisi interior mobil Anda bersih namun saat melihat bagian plafon ternyata banyak debu mengendap? Buat larutan berisi campuran air dan shampo mobil, kemudian celupkan kain lap bersih, peras hingga lembap. Gosok lap di bagian langit-langit mobil lalu keringkan dengan lap kering hingga tidak lagi ada busa atau air yang menempel.

Karpet Mobil

Kemudahan membersihkan karpet mobil sangat dipengaruhi dengan jenis karpet yang Anda gunakan. Pastikan Anda menggunakan jenis karpet yang terbuat dari karet sintetis sehingga mudah dibersihkan. Di pagi hari sebelum mulai beraktivitas menggunakan mobil, pastikan Anda mengeluarkan karpet mobil untuk membersihkan kotoran dari hari sebelumnya.

Selain keempat hal di atas, jangan lupa untuk juga menggunakan pengharum aroma mobil agar mobil terasa semakin apik dan bersih. Jika memang Anda ingin melakukan pembersihan yang lebih total, Anda harus meluangkan waktu untuk hal tersebut. Atau jika tak ada waktu, alternatif terakhir adalah menyiapkan sejumlah biaya tertentu, lalu membawa mobil ke salon setiap satu hingga dua bulan sekali.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 88.000.000

Individu

JEMBER

Rp 72.000.000

Individu

JEMBER

Rp 160.000.000

Individu

JEMBER

Rp 185.000.000

Individu

JEMBER

Rp 189.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 378.000.000

Individu

ROKAN HULU


Kembali ke atas