Dua Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Rem Mobil Macet

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 December 2020

Dua Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Rem Mobil Macet

momobil.id – Rem merupaan salah satu komponen penting pada setiap kendaraan bermotor, termasuk mobil. Jika rem mobil macet, maka hal ini cukup urgent agar langsung diperbaiki. Segera cari tahu penyebab rem mobil macet dan jangan diabaikan begitu saja.

Rem mobil yang macet tentu bisa mengganggu kenyamanan berkendara, membuat perangkat rem cepat rusak, dan yang paling fatal bisa mengakibatkan kecelakaan jika mobil tak bisa direm pada saat dibutuhkan gara-gara rem sedang macet.

Menurut Service Advisor Honda Permata Hijau Jakarta Selatan, Syaifur Rohman, ada dua penyebab utama yang bisa membuat rem macet pada saat pengereman mobil.

“Pertama karena perangkat rem jarang dibersihkan, kotoran menumpuk menghambat kerja perangkat mekanikal rem,” buka Syaifur kepada GridOto.com. Terutama perangkat rem cakram yang menggunakan kaliper rem dengan piston di dalamnya.

Saat proses pengereman ada gesekan yang menghasilkan panas dan serpihan kotoran. “Di saat bersamaan piston dalam kondisi mendorong kampas rem yang ada bagian terbuka menjadi tempat kotoran masuk,” papar Syaifur.

“Kalau kotoran terlalu menumpuk piston tidak bisa balik dan terus menekan kampas rem sewaktu pedal rem dilepas,” tekan Syaifur. Penyebab kedua yang bisa menyebabkan rem mobil macet adalah minyak rem mobil yang jarang diganti secara berkala.

Baca juga: Teknik Perpindahan Gigi Mobil Manual agar Lebih Halus

“Suhu panas dari proses pengereman akan merambat ke minyak rem, kalau tidak diganti lama-lama minyak rem seperti gosong,” terang Syaifur. Lanjut Syaifur, kalau minyak rem sudah gosong cenderung jadi encer dan tekanan hidrolisnya jadi lemah.

“Efeknya minyak rem tidak bisa mendorong balik piston kaliper dan kampas rem tetap menempel di cakram,” sambung Syaifur.

Adapun selain mengetahui hal-hal yang menyebabkan rem mobil menjadi macet, pemilik mobil sebaiknya juga mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan rem menjadi blong. Beberapa penyebab rem menjadi blong seperti minyak rem habis, piston rem rusak, ada yang bocor pada sistem pengereman, hingga selang oli rem tersumbat.


Kembali ke atas