Dua Manfaat Menggunakan Peredam di Bagian Interior Mobil

Ditulis oleh : redaksi | 3 March 2020

Dua Manfaat Menggunakan Peredam di Bagian Interior Mobil

momobil.id – Pernahkah Anda merasa terganggu dengan suara ban atau mesin serta angin yang terdengar dari dalam kabin mobil? Jika merasakan hal demikian, maka Anda perlu memasang peredam tambahan di dalam mobil. Biasanya, peredam ini terbuat dari material aspal atau karet.

Nah, selain untuk meredam suara berisik dari ban, mesin, serta angin, peredam juga memiliki manfaat lainnya. Berikut dua manfaat lain yang bisa dirasakan setelah memasang peredam mobil.

Tingkatkan kualitas audio mobil

Peredam mampu meredam suara yang masuk dari luar mobil dan menjaga kondisi dalam mobil lebih senyap. Hal inilah yang membuat kualitas audio di dalam mobil bisa menjadi lebih baik. Satu hal yang perlu diingat adalah saat memasang peredam, tidak boleh terlalu senyap dan sama sekali tidak mendengar suara.

Maksimal 75 persen kesenyapan pada mobil harus dijaga agar suara klakson dari luar masih terdengar. 

Kurangi suara air hujan

Tahukah Anda bahwa plafon mobil sangat perlu dilapisi peredam tambahan untuk mengurangi suara hujan yang jatuh ke atap? Selain itu, plafon perlu dilapisi peredam untuk menjaga suhu mobil tetap stabil meski parkir di tempat yang terik.

Peredam yang bagus dipasang untuk plafon adalah alumunium foil. Langkah selanjutnya setelah plafon terlapisi adalah melapisi lantai mobil dan firewall jika Anda ingin meredam gemuruh dari ban dan mesin.

Baca juga: Jangan Salah Sebut, Ini Bedanya Mobil Derek dan Towing

Adapun jika Anda memasang subwoofer pada bagian bagasi, maka pastikan juga bagasi mobil telah dilapisi oleh peredam agar suara yang dihasilkan menjadi lebih baik. Pastikan juga peredam yang  dipasang bobotnya sesuai. Jangan sampai engsel pintu tidak kuat menahan beban peredam. Sewajarnya, peredam ditempel satu lapis di bodi kendaraan dan lapisan kedua dipasang di balik door trim.(Dwi Septi)

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas