Electronic Parking Brake Memang Lebih Keren, Tapi Tetap Ada Kelemahannya Loh!

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

30 Aug 2019

momobil.id - Electronic Parking Brake (EPB) adalah salah satu fitur canggih pada mobil yang fungsinya sama dengan handbrake atau rem tangan, yaitu untuk menahan laju kendaraan hanya dengan menekan tombol EPB. Fitur ini memang telah hadir sejak beberapa tahun lalu, tetapi hanya dapat ditemukan pada mobil-mobil kelas premium, seperti Volkswagen dan Mercedes Benz.

Namun, mobil-mobil keluaran terbaru saat ini sudah banyak yang dibekali dengan EPB, meskipun bukan dari kelas premium. Sudah mulai banyak digunakannya fitur ini menandakan memang EPB terbukti memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi pengemudi. Meski begitu, rem tangan mobil yang tersemat dalam fitur EPB tetap menyimpan kelemahan.

Seperti dilansir Kompas, Sugiartono selaku Technical Training & Service Manager DFSK Motors menjelaskan kelebihan dan kelemahan fitur EPB.

“Rem parkir manual sangat mekanikal, masih menggunakan tuas. Jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada bagian mekanikal, rem tersebut tidak dapat bekerja. Maka dari itu, fitur EPB ini lebih baik dalam urusan safety,” jelas Sugiartono.

Selain itu, EPB juga sangat diperlukan mengingat kontrol dari rem tangan mobil membutuhkan kesadaran dari pengemudi. Sementara tidak dapat dipungkiri ada potensi pengemudi lupa untuk memainkan rem tangan dalam kondisi darurat sehingga harus ada kesadaran dari pengemudi untuk selalu menggunakan rem tangan.

"Kalau pakai EPB ini, kan ada kontrolnya, ada modulnya, dia bisa mengkalkulasi segala kondisi," ujar Sugiartono. Ia mencontohkan, seperti di DFSK Glory semua tipe, fitur EPB yang dibenamkan sudah sepenuhnya otomatis sehingga bisa mengunci dan membuka rem sendiri. Hal ini akan menghilangkan resiko orang lupa menggunakan rem tangan.

Jika berbicara dari sisi kelemahannya, kelistrikan yang menjadi sumber tenaga EPB merupakan faktor kelemahannya. Karena kelistrikan memanfaatkan aki, maka jika sewaktu-waktu aki mobil mengalami drop atau soak, maka EPB tidak dapat berfungsi dengan baik. Seluruh suku cadang, supply power, dan kondisi kabel-kabel memang harus berfungsi secara optimal untuk menggerakkan EPB.

Sumber gambar: pakwheels

  • Featured Article
  • rem mobil
  • Electronic Parking Brake
  • rem tangan mobil
  • rem tangan elektrik

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PADANG

2014
Manual

145 juta

PADANG

2015
Manual

125 juta

JAKARTA UTARA

2013
Manual

128 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More