Elon Musk Pernah Tawarkan Tesla ke Apple Tapi Ditolak, Ternyata Ini Sebabnya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 28 December 2020

Elon Musk Pernah Tawarkan Tesla ke Apple Tapi Ditolak, Ternyata Ini Sebabnya

momobil.id – Sebelum menjadi perusahaan besar, Tesla rupanya pernah mengalami masa-masa suram. Bahkan saat itu Elon Musk selaku CEO Tesla pernah menghubungi bos Apple, Tim Cook, untuk menawarkan perusahaannya.

Musk menyebut dirinya pernah menawarkan Tesla kepada Apple lantaran kondisinya yang begitu sulit. Seperti dilansir Liputan6.com yang mengutip Autoevolution, Musk bahkan menawarkan Tesla dengan harga murah, hanya sepersepuluh dari nilainya saat ini.

Namun saat itu Tim Cook mengabaikannya. “Selama hari-hari tergelap program Model 3, saya menghubungi Tim Cook untuk membahas kemungkinan Apple membeli Tesla (untuk 1/10 dari nilai kami saat ini). Dia menolak mengikuti pertemuan,” kata Musk.

Pada cuitan Twitter Elon Musk, dia pernah mengungkapkan bahwa antara pertengahan tahun 2017 dan pertengahan 2019, Tesla menghadapi perjuangan berat. Bahkan hampir mengajukan kebangkrutan dalam waktu 10 bulan.

Ketika menghadapi masalah itu, Musk mengakui mungkin bisa membuat pengajuan ke Cook dan Apple. Tapi rupanya itu tidak berjalan dengan rencana. Mundur ke tahun 2013, sebelum penawaran itu, rupanya Apple sudah pernah ingin membeli Tesla. Negosiasi dilaporkan tidak berjalan lancar dan menemui jalan buntu.

Apple memberikan syarat yang terasa cukup berat. Apple ingin Elon Musk keluar dari perusahaan, sebagai prasayarat agar Tesla bisa dibeli Apple. Kini Apple sedang menyiapkan mobil listrik sendiri. Bahkan, versi prototipe Apple Car itu disebut sudah menjalani pengujian. Apple Car disebut akan meluncur setidaknya pada 2024 atau 2025. Tapi belakangan, Apple Car diyakini bisa meluncur pada akhir 2021.

Adapun saat ini Tesla telah menjadi salah satu perusahaan otomotif ternama lewat berbagai model mobil listriknya. Belum lama ini, Tesla bahkan mengembangkan teknologi baru pada baterai mobil listrik rakitannya. Teknologi tersebut yakni baterai tanpa tab aliasĀ tabless.

Baca juga: Tantangan Mobil Listrik yang Penjualannya Masih Minim di Indonesia

Teknologi baru pada baterai ini memungkinkan mobil listrik Tesla memiliki jangkauan jarak yang lebih panjang dalam sekali pengisian daya. Teknologi ini merupakan terobosan baru yang melakukan pelepasan tab, bagian baterai yang mengkoneksikan antara sel baterai dan diberi daya. Hal ini membuat kapasitas energi lima kali lebih banyak, enam kali lebih bertenaga, dan kenaikan 16 persen jarak tempuh Tesla.


Kembali ke atas