Empat Hal Ini Menjadi Penyebab Klakson Mobil Tidak Bisa Bunyi

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 August 2020

Empat Hal Ini Menjadi Penyebab Klakson Mobil Tidak Bisa Bunyi

momobil.id – Klakson merupakan komponen yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. Sebagai komponen yang mungkin juga sering digunakan, klakson mobil bisa saja tiba-tiba tak berfungsi. Pemilik mobil perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab klakson tidak bisa bunyi. Pemilik kendaraan pun sebaiknya memperbaiki klakson mobil yang rusak agar tak kesulitan memberikan isyarat pada pengguna jalan lain.

Ada beberapa penyebab yang membuat klakson mobil tidak bunyi atau berfungsi. Memperbaiki klakson mobil yang rusak bisa dimulai dengan memeriksa bagian-bagian dalam klakson itu sendiri. Beberapa di antaranya mungkin bisa diperiksa sendiri, namun ada juga bagian yang rumit sehingga sebaiknya diperiksa di bengkel. Berikut beberapa bagian klakson yang bisa rusak dan menjadi penyebab klakson tak berfungsi.

Sekring klakson

Sekring klakson yang putus akan membuat klakson mobil tak berbunyi. Putusnya sekring biasanya dikarenakan suplai listrik yang terlalu besar. Namun bisa juga karena usia pemakaian dan memang sudah saatnya diganti. Jika bagian ini yang rusak, maka segera ganti dengan sekring baru yang ukurannya sama dengan bawaan pabrik.

Rellay klakson

Beberapa mobil sudah menggunakan tambahan rellay pada klaksonnya. Rellay yang sering terkena air atau kotoran bisa menyebabkan klakson tidak bunyi. Untuk memperbaikinya, ganti rellay yang rusak dengan yang baru.

Saklar klakson

Kerusakan pada bagian ini umumnya karena adanya kerak pada lempengan tembaga. Bisa juga karena masalah kelistrikan. Memperbaiki saklar klakson mobil cukup rumit karena perlu membongkar serta memastikan aliran listrik masih mengalir normal. Karena cukup sulit, sebaiknya bawa ke bengkel dan biarkan montir berpengalaman yang memperbaikinya.

Kabel klakson

Kabel yang putus akibat korsleting juga bisa menyebabkan klakson tak berbunyi. Kabel juga bisa putus jika terdapat jamur pada kabel penghubung yang terlalu lama dibiarkan.

Baca juga: Ketahui Efek Negatif Oli Mesin Bercampur dengan Air

Adapun cara paling aman agar klakson tidak cepat rusak adalah dengan menekannya dengan perlahan. Hal yang harus dihindari ketika menggunakan klakson adalah memencet klakson dalam waktu yang lama, memencet dengan keadaan setengah tertekan, dan jangan menekan dengan keras. Klakson bisa panas bila dinyalakan dalam waktu yang lama, dan panas tersebut bisa memicu rusaknya klakson akibat saklar yang terbakar. Bila menekan dengan keadaan setengah tertekan maka klakson bisa memicu gesekkan suara yang tidak sempurna akibatnya juga bisa memicu percikan api yang bisa membakar saklar dari dalam.



Kembali ke atas