Tak Khawatir Listrik Padam, Empat Jenis Mobil Ini Bisa Jadi Genset

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

8 August 2019

Tak Khawatir Listrik Padam, Empat Jenis Mobil Ini Bisa Jadi Genset

momobil.id – Pemadaman listrik serentak di wilayah Jabodetabek dan sebagian wilayah Bandung beberapa hari yang lalu membuat masyarakat kebingungan dan mengeluh karena aktifitasnya terganggu.  Sebagian masyarakat kemudian menggunakan genset sebagai alternatif sumber listrik ketika pemadaman listrik berlangsung. Namun, tahukah kamu jika mobil listrik bisa dimanfaatkan jadi genset ketika pemadaman listrik?

Saat ini, ada beberapa tipe mobil listrik yang bisa difungsikan sebagai genset. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut daftar mobil listrik yang bisa dialihfungsikan jadi genset ketika listrik rumah padam:

Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV

Mobil ini diperkenalkan di Indonesia dalam event Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019. Sebagai mobil dengan teknologi hybrid, Outlander PHEV belum sepenuhnya menggunakan tenaga listrik karena masih dibekali tangki bahan bakar minyak. Meski begitu, Outlander PHEV tetap bisa digunakan layaknya powerbank selama daya tak melebihi 1500 Watt. Mobil tidak harus dinyalakan dan soket port keluar sudah tersedia di bagasi tanpa perlu menggunakan konverter tambahan. Di Jepang, mobil ini sempat digunakan sebagai penyuplai listrik darurat ketika gempa bumi terjadi.

Nissan Leaf
Nissan Leaf

Nissan Leaf

Nissan Leaf didukung sepenuhnya oleh lisrik tanpa ada kombinasi bahan bakar lain seperti Mitsubishi Outlander PHEV. Mobil ini memiliki kapasitas baterai 40kWh dengan sistem vehicle to home (V2H). V2H merupakan sistem yang memungkinkan mobil memasok energi ke rumah sebagai sumber tenaga listrik.

Untuk menggunakannnya sebagai genset, diperlukan ubahan listrik tegangan tinggi DC ke AC 200V dan pemasangan PCS (Power Control System) yang terhubung ke papan distribusi rumah tangga.

Honda C;arity Hybrid

Honda Clarity

Serupa dengan Mitsubishi Outlander PHEV, Honda Clarity juga berbekal teknologi hybrid. Namun, Honda Clarity menggunakan hidrogen sebagai tambahan bahan bakarnya selain listrik. Dengan alat tambahan yang dijual Honda, Power Exporter 9000, yang berfungsi mengubah tenaga yang dihasilkan oleh Honda Clarity sebagai output listrik dan dapat menjadi cadangan listrik selama sepekan. Sayangnya Honda Clarity tidak masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Toyota FCV Plus

Toyota FCV Plus

Toyota Fuel Cell Vehicle (FCV) memiliki teknologi gabungan antara listrik dan hidrogen. Mobil dengan desain futuristik ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2016 silam. Mobil ini diklaim menjadi mobil ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar hidrogen selain listrik.

Sumber gambar: AJ Electrical

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas