Empat Tips Berkendara Bersama Anak agar Tidak Rewel Selama dalam Perjalanan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 26 December 2020

Empat Tips Berkendara Bersama Anak agar Tidak Rewel Selama dalam Perjalanan

momobil.id – Ketika berkendara bersama anak, tentu tidak sama seperti membawa orang dewasa. Anak-anak cenderung cepat bosan jika terlalu lama duduk di dalam mobil. Karenanya, ada beberapa tips yang bisa dicoba keitka hendak berkendara bersama anak.

Seperti dilansir Kompas.com, setidaknya ada empat kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan agar perjalanan tidak terasa membosankan bagi anak. Berikut tips berkendara bersama anak yang bisa dicoba.

Bawa cemilan atau minuman favorit anak

Hal ini merupakan salah satu cara agar anak tidak cepat bosan selama dalam perjalanan. Jadikan proses makan cemilan dan minuman itu sebagai satu aktivitas sendiri, dan tak digabungkan dengan kegiatan bermain. Hal ini sebagai bentuk variasi kegiatan selama dalam perjalanan.

Saat anak sedang mengonsumsi cemilan dan minuman, minta anak untuk memperhatikan detil makanan dan minumannya. Seperit apa bentuk dan warna makanannya, bagaimana rasanya, sedang mengunyah dengan gigi sebelah mana, dan sebagainya. Dengan menanyakan detil makanan dan minuman, perjalanan menjadi tidak terasa terlalu panjang bagi anak.

Bermain

Menghitung atau menemukan beragam benda menjadi hal yang menyenangkan bagi si anak ketika sedang berada di perjalanan. Misalnya, orang tua bisa mengajak anak untuk menghitung jumlah truk, bus, mobil warna tertentu, tiang listrik, billboard, pohon, dan sebagainya. Orang tua juga bisa mengajak anak untuk membaca berbagai tulisan yang terpampang di billboard atau penunjuk jalan selama dalam perjalanan.

Baca juga: Sebelum Pergi Gowes, Simak Tips Memasang Rak Sepeda di Mobil

Bercerita

Kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan selama perjalanan adalah bermain sambil membuat cerita bersama sang anak. Misalnya, ayahnya membuat satu kalimat, lalu ibunya melanjutkan dengan kalimat lain. Lalu anak melanjutkan lagi dengan kalimat lain lagi dan seterusnya sampai membentuk cerita. Tak perlu memberikan kritik jika cerita agak aneh atau kurang nyambung, yang penting ada aktivitas selama di perjalanan.

Beristirahat

Selain bermain, bercerita, dan mengonsumsi makanan minuman, anak juga perlu beristirahat selama dalam perjalanan. Jika anak sudah terlihat mengantuk, biarkan mereka tidur agar tubuhnya tetap fit selama dalam perjalanan.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas