Enam Rekomendasi Mobil Drifting yang Bisa Kamu Pertimbangkan

Ditulis oleh : Helen Birgitta

03 Sep 2019

momobil.id - Drifting merupakan teknik berbelok yang memanfaatkan kondisi oversteer dari mobil dengan memanfaatkan roda belakang atau rear-wheel drive (RWD) dan rem tangan. Teknik drifting dilakukan dengan kecepatan tinggi sehingga roda belakang terpelintir karena kehilangan daya cengkram. Satu hal yang perlu dipahami, mobil untuk drift memiliki kebutuhan berbeda dibanding mobil untuk aktivitas harian.

Sebelum masuk ke sisi teknis bagaimana melakukan drift, drifter pemula harus terlebih dahulu mengetahui mobil apa saja yang bisa digunakan untuk nge-drift. Karena tak semua mobil bisa digunakan untuk drifting. Selain itu, mobil untuk drift juga harus diganti beberapa komponennya sesuai kebutuhan untuk drifting.

Terkait mobil apa saja yang bisa digunakan untuk drifting, momobil telah merangkum enam mobil rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan untuk melakukan olahraga drifting. Berikut daftar selengkapnya.

Nissan Cefiro

Sumber Foto : IDN Times

Bagi kamu yang baru mencoba belajar nge-drift, Nissan Cefiro bisa menjadi salah satu pertimbangan. Mungkin kamu jarang melihat mobil seri ini di jalanan atau bahkan tidak pernah melihatnya.  Namun Nissa Cefiro merupakan mobil harian yang bisa digunakan untuk drifting.

Nissan Cefiro ini dibekali mesin 2.000 cc, enam silinder dengan kecepatan hingga 140 hp dalam kondisi standar. Selain itu, mobil ini memiliki ruang mesin yang sesuai untuk dilakukan swap engine ke mesin tipe RB Nissan lainnya yang lebih kuat, sehingga Nissan Cefiro merupakan sebuah mobil ideal untuk menyelam ke dunia drifting.

Bagus juga nih Nissan Cefiro, tapi berapa harganya? Harga Nissan Cefiro saat ini cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkan Nissan Cefiro dalam kondisi bekas mulai dari harga Rp35 jutaan hingga Rp50 jutaan, tergantung kondisi dan modifikasi.

Baca Juga: Cek kondisi komponen ini sebelum berkendara, tak sampai lima menit!

BMW E36

Sumber Foto : IDN Times

BMW Seri 3 ini memiliki banyak varian, tetapi yang dapat direkomendasikan untuk mobil dengan drifting pemula adalah seri 320i dan seri 323i lantaran mampu menyemburkan tenaga hingga 160an hp.

Mobil BMW E36 ini juga cukup mudah untuk swap engine, bisa diganti dengan mesin tipe seri M3 agar performa lebih gahar. Untuk aktivitas sehari-hari, kamu juga bisa menggunakan mobil ini loh. Saat ini BMW E36 dibanderol dengan harga bervariasi, mulai dari Rp50 jutaan sampai Rp75 jutaan.

BMW E30

Sumber Foto : IDN Times

Rekomendasi berikutnya yakni BMW E30 yang memiliki desain klasik. Di Indonesia, mobil ini pernah mencapai puncak popularitas ketika digunakan dalam film Catatan Si Boy. Tenaganya tidak begitu besar, yaitu hingga 114 hp, tetapi mesinnya bisa dilakukan swap engine dengan mesin BMW seri M3 atau M50.

Karena mobil BMW E30 ini termasuk seri legendaris di Indonesia dan juga menjadi buruan para kolektor mobil, maka harganya cukup bervariasi. Kamu bisa mendapatkan mobil ini dengan kisaran harga dari Rp35 jutaan sampai Rp75 jutaan, tergantung kondisi dan tahun. Namun ada juga yang menjual hingga Rp100 jutaan.

Toyota Corolla DX

Sumber Foto : IDN Times

Nah ini ada satu lagi mobil legendaris di Indonesia, yaitu Toyota Corolla DX. Bagi anak retro pastinya menyukai mobil ini karena bentuknya retro abis, bobotnya pun ringan sehingga sangat cocok untuk drifting.

Namun Toyota Corolla DX belum memiliki mesin yang mumpuni untuk drifting, karena mesin bawaannya hanya memiliki tenaga 60an hp. Meski begitu, kamu masih bisa swap engine ke mesin gahar Toyota lainnya seperti 4AGE yang sama legendarisnya. Untuk harga bekasnya, Toyota Corolla DX ini dibanderol sekitar Rp25 jutaan hingga Rp60 jutaan.

Mobil untuk drift : Toyota Cressida

Sumber Foto : IDN Times

Toyota Cressida memiliki segmen yang lebih tinggi dan pada masanya termasuk mobil mewah. Mobil ini cocok untuk digunakan untuk drifting karena bisa dilakukan swap engine dengan mesin 2JZ, mesin gahar dari mobil sport legendaris Toyota Supra. Harga bekasnya, Toyota Cressida dibanderol mulai dari Rp25 jutaan hingga Rp50 jutaan.

Mobil untuk drift : Volvo 740

Sumber Foto : IDN Times

Apakah mobil drift kamu sudah dilengkapi dengan turbo dan intercooler dalam kondisi standar? Adanya turbo dan intercooler penting loh, karena mobil untuk drifting membutuhkan performa tinggi guna menunjang kemampuan bermanuver.

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi turbo dan intercooler adalah Volvo 740. Tinggal sedikit lagi modifikasi untuk disesuaikan dengan lintasan, bravo! Mobil kamu sudah siap untuk nge-drift. Harga Volvo 740 saat ini berkisar antara Rp35 jutaan hingga Rp45 jutaan.

Sumber gambar: carthrottle

  • Top Right Side
  • Toyota
  • nissan
  • bmw
  • mobil drift
  • Volvo

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA UTARA

2017
Manual

116 juta

JAKARTA UTARA

2015
Otomatis

175 juta

MEDAN

2015
Otomatis

82 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More