Euro 4, Mobil Diesel Harus Diisi Solar Kualitas Tinggi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 March 2022

Euro 4, Mobil Diesel Harus Diisi Solar Kualitas Tinggi

momobil.id – Penerapan emisi Euro 4 pada mesin diesel tentu membuat sebagian mobil harus mengonsumsi solar dengan kualitas tinggi. Kebanyakan mobil diesel zaman sekarang sudah menggunakan solar yang berkualitas. Pasalnya, solar dengan kualitas bagus tentu membuat pembakaran mesin menjadi lebih optimal. Namun, sebagian dari pemilik mobil masih menggunakan solar dengan kualitas rendah.

Perlu diketahui bahwa terdapat tiga jenis solar yang beredar di Pertamina. Tiga jenis solar tersebut diantaranya adalah Bio Solar, Dexlite, Pertamina Dex. Untuk kualitasnya, Bio Solar berada di urutan terendah dengan angka sentana 48. Di tengah ada Dexlite dengan angka sentana 51. Sementara itu, kualitas solar tertinggi adalah Pertamina Dex dengan angka sentana mencapai 53. Dengan solar kualitas rendah, tentunya harga menjadi lebih murah. Menurut Didi Ahadi selaku Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), penggunaan solar dengan kualitas rendah dapat menyebabkan filter solar menjadi cepat kotor. Selain itu, solar berkualitas rendah memiliki kadar sulfur air yang tinggi, sehingga dapat mengganggu kinerja mesin.

Baca Juga: Mobil Mesin Bensin Bakal Sulit Hidup Jika Minum Solar, Ini Sebabnya

“Mobil bermesin diesel saat ini rata-rata sudah menggunakan sistem common rail, apabila sulfurnya tinggi akan mengganggu kinerja dan dapat merusak. Akibatnya pembakaran menjadi tidak sempurna, dan bisa membuat performa mesin menurun. Tarikannya juga bisa saja terasa kurang.” ,” ujar Didi dilansir dari Kompas.com.

Penurunan kinerja mesin dengan penggunaan solar berkualitas rendah disebabkan karena filter solar yang kotor. Bila tidak dibersihkan, filter solar akan menjadi tersumbat dan dapat merusak komponen mesin lainnya. Tidak hanya itu, penggunaan solar dengan kualitas rendah pada mobil diesel juga akan membuat mesin menggelitik. Gejala mesin menggelitik bisa dirasakan dari suara mesin yang lebih keras dibanding keadaan normal.

Oleh karena itu, pemilik mobil diesel disarankan untuk menggunakan solar berkualitas tinggi. Walaupun harga lebih mahal, namun performa mesin akan menjadi lebih baik. Selain itu, mesin mobil akan lebih awet dan terawat ketimbang memakai jenis solar berkualitas rendah.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas