Fakta Seputar Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 8 November 2020

Fakta Seputar Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Perlu Diketahui

momobil.id – Salah satu alasan mengapa mobil transmisi matik menjadi varian favorit karena pengoperasiannya yang mudah lantaran hanya menggunakan dua pedal. Sebagai transmisi yang praktis, ada beberapa fakta seputar mobil matik yang perlu diketahui pengemudi.

Perdebatan yang sering muncul terkait fakta atau mitos mobil matik biasanya seputar posisi tuas transmisi ketika berada dalam kondisi tertentu. Misalnya, posisi tuas ketika mobil sedang berhenti. Inti dari perdebatan tersebut yakni apakah tuas transmisi lebih baik berada di posisi N atau P.

Ketika mobil sedang berhenti di lampu merah, maka pengemudi lebih baik memindahkan tuasnya ke posisi netral atau N. Alasannya, posisi N membuat mesin dan gearbox tidak saling terhubung sehingga tak membuat transmisi cepat rusak. Sedangkan jika berada di posisi P atau parkir, hal ini akan membenani kinerja gearbox dan mesin kala berhenti di lampu merah.

Pasalnya, posisi P sebenarnya hanya digunakan ketika kendaraan berhenti lalu dilanjutkan dengan mematikan mesin. Sebagai informasi, pengemudi juga tidak disarankan tetap mempertahankan tuas di posisi D saat lampu merah karena hal tersebut semakin memperberat kerja gearbox dan mesin.

Masih terkait posisi tuas N atau P, sempat beredar informasi agar tidak memanaskan mobil dengan posisi tuas di P karena akan membuat pompa oli tidak bekerja dan tidak melumasi komponen. Menanggapi hal tersebut, Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, menyebut informasi tersebut tidak benar dan keliru.

Menurut Bambang, apakah posisi tuas mobil berada di N atau P ketika sedang dipanaskan, oli transmisi tetap bekerja. Dalam proses kerja mobil bertransmisi otomatis, pompa oli transmisi akan langsung bekerja selaras dengan putaran mesin. Begitu mesin menyala, pompa oli bekerja, tekanan oli langsung bergerak melumasi kampas. Hal yang membedakan terkait posisi tuas N atau P yakni saat berada di posisi P maka lock output shaft terkunci secara manual. Sedangkan saat posisi N, kunci terlepas dari shaft.

Baca juga: Cara Menggunakan Shift Lock Pada Mobil Matic ketika Parkir Paralel

“Jadi tidak ada pengaruhnya mau di P atau N. Lagi pula memanaskan mobil sekarang tidak perlu lama-lama. Teknologi material dan oli sudah lebih canggih. Begitu mesin menyala, mau langsung dipakai juga tidak masalah,” kata Bambang seperti dilansir Kompas.com.

Adapun terkait posisi tuas yang tepat ketika mobil transmisi matic sedang dihidupkan, Bambang menyarankan tetap di P dengan alasan keamanan agar mobil tidak bergerak.


Kembali ke atas