Fakta Seputar Teknologi Hybrid untuk Mobil: Sejarah hingga Pengoperasiannya

Ditulis oleh : Hizkia Oloan Panjaitan

21 Nov 2019

momobil.id - Salah satu cara untuk menekan ketergantungan terhadap bahan bakar minyak dalam industri otomotif adalah dengan menghadirkan mobil listrik. Namun sebelum mesin listrik digunakan secara keseluruhan dalam industri otomotif, berbagai pabrikan otomotif memperkenalkan teknologi hybrid atau hibrida untuk mobil selama masa transisi agar konsumen bisa beralih secara perlahan dari mobil konvensional berbahan bakar minyak ke mobil yang sepenuhnya menggunakan motor listrik.

Sesuai namanya, teknologi hybrid menggunakan dua sumber tenaga yakni bahan bakar minyak dan motor listrik. Sebelum membahas lebih jauh mengenai teknologi ini, berikut beberapa fakta dan sejarah lahirnya teknologi hybrid.

Sejarah teknologi hybrid

Di Indonesia, mobil dengan teknologi hybrid digadang-gadang sebagai solusi mobil masa depan yang efektif dan efisien mengingat konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit lantaran didukung oleh motor listrik. Namun faktanya, teknologi hybrid sebenarnya bukan sebuah teknologi baru dalam industri otomotif.

Teknologi hybrid lahir pada tahun 1902. Seorang pria bernama Ferdinand Porsche memperkenalkan mobil ini yang diberi nama Mixte. Mobil hybrid pertama ini memiliki dua mesin dengan tenaga listrik yang dirancang untuk menyimpan energi dalam baterai. Pada tahun 1997, mobil hybrid komersial pertama pun diproduksi oleh salah satu brand mobil ternama yang diluncurkan pertama kali di Jepang pada tahun itu.

Hybrid bukan untuk mobil saja

Faktanya mobil bukanlah satu-satunya kendaraan yang memakai tenaga hybrid. Selain mobil, ada juga kapal selam, dan alat-alat lokomotif yang sudah lama menggunakan tenaga hybrid untuk menggerakkan setiap komponen yang ada pada kendaraan tersebut. Tapi memang, mobil menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak menggunakan tenaga hybrid untuk operasional sehari-hari.

Berbekal dua sumber energi

Seperti yang telah disebutkan di atas, mobil dengan teknologi hybrid menggunakan dua sumber daya, bisa memakai bahan bakar minyak dan juga bisa menggunakan baterai. Walau mempunyai dua sumber daya, tenaga yang bersumber dari bahan bakar tetap menjadi sumber tenaga utama. Karena memiliki dua sumber tenaga, hal ini yang membuat mobil hybrid sangat irit bahan bakar minyak. Iritnya bahan bakar karena teknologi hybrid mengatur secara otomatis penggunaan tenaga listrik dan minyak secara bergantian untuk menggerakkan mobil. Hal menarik lainnya dari teknologi ini adalah tenaga yang dihasilkan saat mobil melakukan pengereman akan disimpan dalam baterai sehingga meminimalisir energi yang terbuang.

Otomatis menyimpan energi listrik

Salah satu yang menjadi pertanyaan dari kendaraan elektrifikasi adalah bagaimana cara isi ulang baterai kalau sudah habis? Hal ini terkait infrastruktur pengisian baterai mobil listrik yang belum memadai.

Karena itu, seperti dilansir dari laman Auto2000, mobil dengan teknologi hybrid merupakan solusi yang tepat saat ini lantaran baterai akan diisi secara otomatis ketika mobil beroperasi. Fitur Hybrid Synergy Drive (HSD) akan mengisi baterai mobil sehingga pengguna tidak perlu bingung memikirkan urusan isi ulang baterai. Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu cara mobil hybrid mengisi ulang energi listrik yakni dengan menyimpan energi hasil pengereman ke dalam baterai.

Minim polusi

Mengendarai mobil hybrid sama artinya dengan melindungi bumi. Kok bisa? Itu karena polusi yang dikeluarkan mobil hybrid jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil konvensional. Dari segi perawatan, mobil hybrid juga lebih hemat dan tak menguras isi dompet.

Sumber gambar: Autowise

  • Featured Article
  • fakta unik
  • mobil hybrid
  • mobil listrik
  • hybrid
  • hybrid car
  • fakta hybrid

Cari Mobil

Baru
Bekas
2010
2020

Actions

Mobil yang disarankan

Rp 135,000,000

Dealer

palembang

Rp 140,000,000

Dealer

palembang

Rp 103,000,000

Individu

surabaya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More

Kembali ke atas