6 Fakta Unik Mobil Avanza yang mesti Anda Ketahui

Ditulis oleh : admin | 22 May 2018

6 Fakta Unik Mobil Avanza yang mesti Anda Ketahui

mobil avanza | Fakta Unik Mobil Avanza

momobil.id – mobil avanza menjadi salah satu model mobil terlaris Toyota di Tanah Air setelah Kijang. Saking banyaknya yang menggunakan, mobil keluarga jenis low-MPV ini bahkan dijuluki sebagai ‘mobil sejuta umat’ dan masih menjadi favorit masyarakat Indonesia hingga kini.

Tahukah Anda? Kelahiran mobil Avanza ternyata dibidani Toyota Astra Motor di Indonesia. Mobil yang diriset sejak 1999 ini memang digarap khusus melihat potensi pasar di Nusantara. Setelah melalui studi dan desain, mobil tiga baris penumpang ini kemudian diperkenalkan perdana di ajang Gaikindo Auto Expo pada 2003.

Berikut sejumlah fakta unik menarik lain tentang mobil Avanza yang Momobil rangkum dari berbagai sumber:

1. Berawal dari ‘krismon’
Pada tahun 1998, Indonesia dan beberapa negara mengalami krisis moneter (krismon). Rupiah tersungkur terhadap mata uang dolar AS. Dampaknya harga mobil-mobil melambung tinggi, termasuk model Toyota Kijang Generasi 4 yang saat itu masih menjadi andalan.

Dari situ, Toyota menggagas ide mobil murah yang menyesuaikan dengan kantong masyarakat Indonesia. Mobil Avanza kemudian muncul.

2. Asal nama mobil Avanza
Avanza dikabarkan berasal dari bahasa latin “maju”. Sebagian menyebut Avanza diambil dari bahasa Italia yakni avanzato, yang berarti “peningkatan”.

3. Proses persalinan
Studi, pembahasan, hingga desain dan pembuatan mesin mobil Avanza dikabarkan dimulai pada 1999-2000. Generasi pertama mobil ini lalu dikenalkan di Gaikindo Auto Show pada 2003, dan mulai diproduksi massal.

Resmi dipasarkan setahun berikutnya, Toyota Avanza hadir dengan mesin 1.300 cc non VVT-i dalam seri E dan G manual. Kisaran harga mobil Avanza saat itu Rp 80 – Rp 90 juta.

4. Saudara kembar
Avanza memiliki saudara kembar yakni Daihatsu Xenia. Keduanya lahir dari rahim yang sama, yakni di pabrik Daihatsu di Indonesia. Kolaborasi dua raksasa otomotif Jepang ini terjadi setelah Toyota membeli 51 persen saham Daihatsu Motor Company (DMC) pada 1998.

5. 90 Persen kandungan lokal
Toyota Avanza digadang-gadang sebagai mobil yang 90 persen komponennya sudah diproduksi secara lokal.

6. Diekspor ke 32 negara
Avanza tidak hanya beredar di Indonesia. Menurut Toyota Astra Motor mobil ini setidaknya diekspor ke 32 negara di seluruh dunia. Di antaranya Thailand, Oman, Saudi Arabia, Bahrain, Nepal, Meksiko, Madagaskar, Maladewa, Fiji, Bangladesh, Brunei Darussalam, Afrika Selatan, Filipina, Qatar, Yaman, Lebanon, Kenya, Sri Lanka, Nigeria, dan Zimbabwe.

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

mobil terkait

Rp 355.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 260.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 285.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 289.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 181.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 153.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas