Fitur Mobil yang Bisa Membantu Pengemudi Lebih Nyaman ketika Mengemudi Jarak Jauh

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 31 December 2020

Fitur Mobil yang Bisa Membantu Pengemudi Lebih Nyaman ketika Mengemudi Jarak Jauh

momobil.id – Dengan perkembangan industri otomotif yang kian maju, hadirnya fitur-fitur baru pada mobil tentunya menjadi nilai tambah untuk mobil yang akan dibeli. Terutama fitur untuk perjalanan jauh yang memberikan rasa aman dan nyaman untuk pengemudi.

Saat menempuh jarak jauh menggunakan mobil, terkadang kita merasa kurang nyaman saat mengemudi. Namun, dengan adanya beberapa fitur baru pada mobil, hal tersebut bisa teratasi. Lalu apa saja fitur untuk perjalanan jauh yang bisa menunjang kenyamanan saat mengemudi?

Paddle shifter

Ilustrasi paddle shifter

Pada mobil bertransmisi otomatis, paddle shifter digunakan untuk memindahkan gigi. Fitur ini biasa digunakan saat ingin menyalip kendaraan. Caranya adalah dengan menjentikkan jari pada tuas paddle shifter untuk menambah atau mengurangi gigi. Mekanismenya kurang lebih sama seperti mobil transmisi manual, hanya saja tidak memakai kopling.

Cruise control

Ilustrasi cruise control

Tombol yang terdapat di lingkar kemudi ini berfungsi untuk mengatur kecepatan mobil yang diinginkan oleh pengemudi tanpa membutuhkan pijakan pada pedal gas. Tombol ini bisa dimanfaatkan saat berada di jalan tol yang kosong yang memunginkan pengemudi untuk menjaga kecepatan mobil dan bisa mengistirahatkan kaki sejenak.

Baca juga: Tips Mengemudi City Car agar Lebih Nyaman Selama Berkendara

Fitur ini bisa digunakan ketika mobil sudah melaju minimal 40 km/jam. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup tekan tombol bertuliskan ‘Cruise’ dan untuk menonaktifkannya tinggal menginjak pedal gas atau rem saja.

Hill start assist

Ketika mengemudi di pegunungan atau jalan yang menanjak, fitur hill start assist bisa sangat membantu. Contohnya saat sedang terjebak kemacetan atau antrean di jalan yang menanjak. Fitur ini akan membantu menjaga posisi mobil agar tidak tergelincir atau melorot ketika pedal rem dilepas.

Sistem entertainment

Head unit Wuling
Head unit Wuling

Salah satu fitur favorit untuk berkendara jarak jauh tentunya adalah sistem entertainment atau hiburan pada mobil. Pengemudi bisa mendengarkan radio atau musik favorit saat dalam perjalanan. Selain itu, sistem hiburan ini juga bisa di upgrade seperti menambahkan layar LED dan menggunakan audio dengan kualitas bagus. Tentu saja mengemudi akan semakin nyaman.


Kembali ke atas