Flocken Elektrowagen, Mobil Listrik Pertama di Dunia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 April 2024

Flocken Elektrowagen, Mobil Listrik Pertama di Dunia

momobil.id – Mobil listrik kini menjadi alat transportasi yang diminati masyarakat. Selain banyak pilihan dengan harga terjangkau, mobil listrik dinilai lebih ramah lingkungan dan mampu mengurangi pemanasan global. Namun, tahukah apa mobil listrik pertama yang diakui oleh dunia?

Mobil listrik sendiri sudah muncul sejak lama, bahkan sebelum mobil berbahan bakar konvensional. Era mobil listrik dimulai pada abad ke-18, lebih tepatnya pada tahun 1830-an. Pria asal Inggris bernama Robert Anderson mengembangkan sebuah kendaraan beroda tiga yang disematkan baterai dengan sel galvanik. Pada saat itu, baterai tidak dapat diisi ulang.

Meskipun Robert Anderson pertama kali menemukan kendaraan elektrifikasi, mobil listrik pertama yang diakui di dunia adalah Flocken Elektrowagen. Mobil tersebut merupakan hasil rancangan Andreas Flocken pada tahun 1888.

Andreas Flocken merupakan seorang wirausaha asal Jerman yang lahir pada tahun 1845. Pada tahun 1868, beliau bekerja di perusahaan Jerman bernama Heinrich Lanz AG dan Schoppers. Memasuki usia 35 tahun, Flocken memiliki bisnis pribadi. Kala itu, Flocken mulai bereksperimen membuat transportasi bertenaga listrik model baru.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Mobil Listrik di Dunia

Flocken Elektrowagen dan Spesifikasinya

Pada tahun 1888, Flocken menambah departemen electrical engineering pada perusahaan yang ia dirikan, Maschinenfabrik A. Flocken di Coburg, Jerman. Di tahun yang sama, mobil listrik pertama di dunia pun lahir.

Secara tampilan, Flocken Elektrowagen mirip dengan Daimler Motorized Carriage yang didesain oleh Gotlieb Daimler pada tahun 1886. Kendaraan ini memiliki bentuk ala tempat duduk kereta kuda dengan kanopi yang bisa dibuka tutup. Meskipun demikian, Elektrowagen ditenagai oleh penggerak listrik.

Spesifikasi dari Flocken Eletrowagen cukup sederhana. Kendaraan ini dibekali motor listrik dengan tenaga 0,9 kW atau 1 hp. Tenaga disalurkan untuk menggerakan bagian belakang lewat sabuk kulit. Mobil ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 15 km/jam dan memiliki bobot 400 kg.

Setelah merilis prototipenya, Andreas Flocken memperkenalkan model kedua pada tahun 1903. Model ini mendapatkan pembaruan pada beberapa titik, diantaranya setir stub-axle, velg jari-jari, suspensi pegas ulir, kotak baterai pada gardan depan, serta lampu pada bagian depan. Sayangnya, konstruksi mobil listrik ini dihentikan di tahun yang sama.

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas