Ford vs Ferrari Sabet Dua Oscar, Ini Kisah di Balik Kesuksesannya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 12 February 2020

Ford vs Ferrari Sabet Dua Oscar, Ini Kisah di Balik Kesuksesannya

momobil.id – Film bernuansa otomotif “Ford vs Ferrari” kembali berhasil memenangkan Academic Awards atau biasa disebut Oscar ke-92. Adapun kategori yang dimenangkan oleh film ini adalah Best Editing atau penyuntingan terbaik. Terlepas dari kemenangan dalam Academic Awards, film yang dibintangi oleh Matt Damon dan Christian Bale ini diambil dari kisah nyata. Kisah Ford vs Ferrari menceritakan tentang usaha Ford membuat mobil tercepat untuk melengserkan Ferrari dalam pertarungan LeMans selama 24 jam pada tahun 1966.

Kisah ini berawal dari Carroll Shelby yang merupakan perancang mobil balap Ford dan pebalap yang pertama kali memenangkan balapan pertamanya pada tahun 1950 di Amerika Serikat. Shelby lebih dikenal oleh publik ketika ia memenangkan LeMans pada tahun 1959. Setelah memenangkan pertarungan tersebut, Shelby memutuskan untuk pensiun dari dunia balapan dikarenakan dirinya mengalami penyakit jantung. Meski telah pensiun, ia tidak sepenuhnya keluar dari dunia balapan.

Ia kemudian membuat Shelby American yang merupakan manufaktur bagi mobil balap. Keluarnya Shelby dalam dunia balapan membuat eksistensi mobil Ford mulai meredup. Ford yang dikenal sebagai mobil bertenaga dikalahkan oleh Ferrari. Ferrari memenangkan balapan LeMans selama lima tahun berturut-turut.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan agar Modifikasi Mobil Tetap Aman

Berusaha untuk menaikkan kembali eksistensi mobil Amerika Serikat, Ford berusaha untuk membeli saham Ferrari. Namun, Enzo Ferrari sebagai pemilik perusahaan asal Italia tersebut menolaknya. Hal ini membuat Ford berambisi untuk membalas dendam kepada Ferrari dengan merancang mobil yang dapat mengalahkan Ferrari.

Ford kemudian merekrut Carroll Shelby untuk merancang mobil balap dan merekrut kembali Ken Miles. Dengan bantuan Shelby, Miles, dan Henry Ford II, Ford mengembangkan mobil baru mereka, yaitu Ford GT40. Usaha Ford dalam merancang GT40 membuahkan hasil. Pada tahun 1966, Ford berhasil melengserkan Ferrari dan kembali menang dalam ajang LeMans 24 jam.

Terlepas dari kisah rivalitas Ford dan Ferrari, Ford GT40 merupakan mobil yang sangat bertenaga pada saat itu. GT40 versi prototype memiliki mesin 4,2L V8. Pada versi produksinya, ford menyematkan mesin berkapasitas 4,7L. Mesin ini nantinya digunakan oleh Ford Mustang. Lima unit prototype dari Ford GT40 dibuat dalam versi roadster, dan 2 antaranya dimodifikasi oleh Alan Mann Racing pada tahun 1966.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas