Formula E Digelar di Jakarta, Simak Fakta Menariknya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 March 2022

Formula E Digelar di Jakarta, Simak Fakta Menariknya

momobil.id – Ajang balap Formula E akan diadakan di Jakarta tahun ini. Rencananya, Formula E akan diadakan pada 4 Juni 2022 di Kawasan Ancol, Jakarta Utara. Terlepas dari pro dan kontra, pergelaran balap ini menjadi salah satu yang ditunggu, terutama bagi yang menyukai balap kendaraan listrik. Lantas, apa itu sebenarnya Formula E dan apa fakta menarik dari ajang balap ini?

Fakta Menarik Soal Ajang Balap Formula E

Balapan Fomula E memiliki kesamaan dan perbedaan dari Formula 1. Salah satu hal yang menjadi pembeda antara Formula 1 dan Formula E adalah pada penggunaan mobil balap. Formula E menggunakan mobil balap dengan mesin listrik. Konsep dari Formula E sendiri disusun pada tahun 2022 di Paris oleh presiden Federasi Otomottif Internasional Jean Todt dan pengusaha asal Spanyol yaitu Alejandro Agag. Balapan ini digelar untuk mengangkat industri mobil listrik sekaligus mendukung pengurangan emisi karbon dioksida. Oleh karena itu, mobil yang digunakan Formula E adalah mobil listrik karena dianggap lebih hemat bahan bakar. Balapan pertama Formula E diadakan pada September 2020 di Beijing. Sejak tahun 2020, status dari ajang balap Formula E sudah masuk ke dalam status kejuaraan dunia FIA.

Formula E berbeda dengan Formula 1 dalam sistem balapan. Ajang balap ini hanya diadakan selama 1 hari, di mana dua sesi latihan bebas selama 45 menit di pagi hari, lalu ada sesi kualifikasi. Setelah itu, lomba akan diadakan selama 45 menit plus satu putaran. Mobil yang digunakan juga berbeda, di mana Formula E memakai mobil listrik dengan kapasitas baterai berdaya 28 kWh. Kendaraan pada Formula E juga wajib menggunakan velg berukuran 18 inci.

Baca Juga: BMW M Jadi Safety Car di MotoGP Mandalika 2022

Formula E di Indonesia

Pada tahun 2019 lalu, FIA penyelenggara Formula E memilih Jakarta sebagai salah satu tuan rumah pergelaran ini. Alasan pemilihan Jakarta untuk menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik ini karena visi misi terkait isu lingkungan. Selain itu, pemilihan kawasan Ancol untuk diadakan Formula E karena Ancol merupakan salah satu tempat yang dinamis dan ikonik berada di tengah kota.

Formula E yang akan diselenggarakan di Indonesia akan menjadi seri kedelapan. Rencananya akan ada 18 seri balapan yang akan berlangsung, dimana Jakarta akan menjadi tuan rumah dalam seri kesembilan. Hingga saat ini, lintasan yang akan digunakan untuk Formula E yaitu Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) sudah masuk ke tahap penyelesaian 80%. Circuit tersebut rencananya akan selesai pada April 2022.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas