Bukan Sekadar Pajangan, Ternyata Ini Fungsi Hand Grip di Kabin Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 December 2021

Bukan Sekadar Pajangan, Ternyata Ini Fungsi Hand Grip di Kabin Mobil

momobil.id – Pada bagian interior mobil, umumnya terdapat hand grip atau pegangan tangan yang menempel di bagian dinding atas. Biasanya hand grip ini terletak di dekat kursi penumpang. Lalu, apa sebenarnya fungsi pegangan tangan ini di kabin mobil?

Sesuai namanya, hand grip memiliki fungsi sebagai pegangan tangan ketika mobil melaju dalam kondisi tertentu. Penumpang bisa mempertahankan posisi duduknya agar tidak mudah bergeser akibat gaya sentrifugal. Menurut Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, hand grip berperan dalam aspek keselamatan karena bisa menjadi pegangan untuk menahan posisi duduk.

“Seperti yang kita ketahui, manuver yang dilakukan oleh pengemudi dapat mengubah posisi duduk para penumpang. Apalagi saat melewati jalan rusak atau kondisi yang menurun,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Meski ditujukan sebagai pegangan untuk mempertahankan posisi duduk, hand grip tidak ditujukan bagi si pengemudi. Didi mengatakan, kedua tangan pengemudi harus selalu memegang setir. Itu sebabnya pada sebagian mobil, hand grip di sisi pengemudi ditiadakan.

Selain itu, hand grip juga berguna sebagai alat bantu bagi penumpang ketika keluar masuk kabin mobil. Dengan berpegangan pada hand grip, penumpang tidak mudah jatuh saat keluar dari kabin. Sementara itu, Anjar Rosjadi selaku Service Part Division PT Astra Daihatsu Motor menjelaskan bahwa memegang hand grip dalam jangka waktu lama hingga hitungan puluhan menit saat mobil tengah melaju kurang disarankan.

Baca juga: Penyebab Kampas Rem Mobil Matik Lebih Boros Dibanding Mobil Manual, Ada yang Jadi Kebiasaan Kamu?

Meski bukan masalah, penumpang disarankan menaruh tangan pada arm rest demi kenyamanan. Hand grip hanya difungsikan sebagai alat bantu keluar masuk kabin atau saat gaya sentrifugal dirasa cukup besar hingga penumpang sering mudah bergeser dari tempat duduknya.

“Pegangan boleh saja, tapi apa tidak pegal kalau sepanjang perjalanan seperti itu? Kalau untuk masalah keselamatan malah lebih penting menggunakan seat belt. Hand grip biasanya dipakai sebagai akses masuk atau keluar mobil agar lebih mudah,” kata Anjar.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas