Berikut Fungsi dan Pengertian dari Rack Steer, Jangan Keliru!

Ditulis oleh : Rafii Lano | 15 May 2024

Berikut Fungsi dan Pengertian dari Rack Steer, Jangan Keliru!

momotor.id – Terdapat banyak sekali komponen pada mobil yang harus diperhatikan mulai dari fungsi hingga perawatannya, salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah rack steer, hal ini karena banyak pemilik kendaraan yang masih awam dengan rack steer

Apabila komponen ini terjari masalah atau rusak, akan memberikan dampak yang sangat berbahya pada kendaraan, karena komponen ini terhubung secara langsung dengan setir kemudi, roda, hingga kaki-kaki mobil. 

Oleh karena itu, ulasan ini dibuat untuk membahas mulai dari pengertian hingga fungsi dari komponen rack steer pada mobil. Memahami komponen rack steer dapat menjadi kunci untuk mengoptimalkan performa kendaraan.

Baca Juga : Kaca Film Mobil Ternyata Bukan Cuma untuk Tolak Panas, Berguna Juga Buat Ini

Apa itu Rack Steer?

Rack steer merupakan mekanisme kemudi yang menghubungkan roda kemudi dengan roda depan kendaraan. Sederhananya, rack steer mengubah putaran setir menjadi gerakan roda depan, sehingga memungkinkan Anda untuk mengarahkan kendaraan sesuai keinginan. 

Mekanisme Kerja Rack Steer

Rack steer bekerja dengan prinsip yang sederhana namun sangat penting dalam mengatur arah kendaraan. Mekanisme ini melibatkan penggunaan gigi-gigi pada batang yang disebut rack, yang terhubung langsung dengan roda kemudi.

Ketika pengemudi memutar roda kemudi, rack tersebut bergerak maju atau mundur, menyebabkan perubahan arah roda depan. Dengan demikian, rack steer memberikan kontrol presisi terhadap kemudi dan arah kendaraan.

Fungsi Rack Steer

Rack steer bukan hanya komponen teknis pada mobil, namun juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kestabilan kendaraan dan membuat pengemudi lebih mudah untuk mengontorl dan menjaga keseimbangan ketika bermanuver. 

Selain itu, rack steer juga memberikan respons yang lebih cepat terhadap perubahan arah mobil Anda. Sehingga dapat meningkatkan percya diri Anda ketika berkendara dan meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Rack steer adalah komponen vital dalam sistem kemudi kendaraan modern yang menyediakan responsivitas, presisi, efisiensi, dan kemudahan perawatan. Memahami fungsi dan cara kerja rack steer dapat membantu Anda memahami bagaimana kendaraan Anda dikendalikan dan dijaga agar tetap dalam performa optimal.

Baca Juga : Jangan Panik! Ternyata, Penyebab Mobil yang Berdengung Berasal dari Komponen Ini

Kunjungi momobil.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai tukar tambah, jual cepat, mobil baru, mobil bekas, hingga momobilpro. Nikmati kemudahan dan keuntungan tanpa ribet melalui aplikasi adiraku

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas