Bukan Sekedar Aksesoris, Ini Fungsi Spion Tanduk Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 27 April 2022

Bukan Sekedar Aksesoris, Ini Fungsi Spion Tanduk Mobil

momobil.id – Umumnya, spion pada mobil terletak pada bagian kanan, kiri, dan bagian tengah. Komponen ini berfungsi untuk membantu visibilitas selama berkendara. Namun, ada beberapa mobil yang terpasang spion tambahan. Biasanya spion tersebut terpasang pada bagian kap mobil. Spion ini dinamakan spion tanduk. Sebagian orang memakai spion tanduk sebagai aksesoris, namun apa sebenarnya fungsi dari spion tanduk pada mobil?

Spion tanduk biasanya dipakai oleh mobil berjenis SUV, bahkan truk. Fungsi spion tanduk bukan hanya sekedar aksesoris pada mobil. Spion tanduk ternyata memiliki beragam fungsi. Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, Deni Adrian mengatakan bahwa bagi orang Indonesia yang menggunakan setir kanan, bagian samping depan kiri mobil merupakan blind spot. Spion tanduk memiliki fungsi utama untuk memperjelas penglihatan dari sisi depan sampai belakang bagian kiri mobil.

Baca Juga: Melipat Spion Elektrik Manual, Ini Efek yang Bisa Ditimbulkan

“Utamanya untuk meningkatkan penglihatan pada sisi depan sampai belakang bagian kiri mobil, karena area tersebut merupakan blind spot bagi pengemudi di Indonesia yang menggunakan setir kanan,” ujar Deni dilansir dari Kompas.com.

Tidak hanya untuk memperluas visibilitas, spion tanduk juga berfungsi untuk membantu pengemudi saat parkir atau hendak bermanuver. Dengan adanya spion tanduk, sisi bagian kiri yang sulit dijangkau visibilitasnya dapat terlihat dengan jelas.

Selain spion tanduk, aksesoris yang berfungsi sama adalah spion belakang. Spion belakang biasanya terletak di atas kaca belakang. Biasanya spion belakag digunakan oleh mobil berjenis SUV atau berbodi cukup besar. Spion belakang memiliki fungsi untuk memberikan visual lebih luas pada bagian belakang mobil. Hal ini tentunya sangat berguna, apalagi ketika mobil mundur saat hendak parkir. Namun, fungsi spion belakang dapat digantikan dengan kamera parkir saat ini.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas