Fungsi Talang Air pada Mobil Bukan Hanya Sekedar Aksesoris

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 7 July 2020

Fungsi Talang Air pada Mobil Bukan Hanya Sekedar Aksesoris

momobil.id – Sebagian pemilik mobil pasti sudah familiar dengan talang air atau door visor. Talang air biasanya dipasang di atas jendela mobil. Cara pemasangannya pun cukup mudah, hanya direkatkan pada bracket yang tersedia. Talang air ini memiliki banyak kegunaan, terutama pada situasi hujan. Namun, masih banyak yang belum memahami pentingnya talang air pada mobil. Berikut adalah beberapa fungsi dari talang air / door visor pada mobil.

Mencegah Cipratan Air Hujan Masuk ke Dalam Kabin

Talang air akan sangat bermanfaat pada saat kondisi hujan. Fungsi utama dari talang air pada mobil adalah mencegah cipratan air hujan masuk ke dalam kabin apabila kaca jendela diturunkan sedikit. Contohnya adalah saat membayar parkir, atau mengambil tiket/tol. Dengan adanya talang air, maka kabin akan sedikit terhindar dari cipratan air hujan.

Melindungi Komponen Power Window

Talang air atau door visor dapat melindungi komponen power window dari cipratan air. Komponen power window terletak pada sisi door trim. Apabila tidak menggunakan talang air, maka cipratan air akan masuk ke dalam komponen power window. Air hujan yang membasahi komponen power window dapat mengakibatkan korsleting listrik, sehingga komponen power window rusak.

Baca Juga : Tips Merawat Eksterior Mobil Agar Tetap Kinclong

Membantu Sirkulasi Udara dalam Kabin Saat Mobil Diparkir

Saat parkir di tempat yang panas, suhu kabin mobil akan semakin panas jika kaca mobil tertutup rapat. Membuka kaca mobil tanpa sedikit penutup akan terasa sedikit riskan. Dengan adanya talang air, pemilik mobil dapat membuka kaca jendela mobil sedikit sehingga ada sirkulasi udara di dalam kabin. Pemilik mobil hanya perlu membuka sedikit kaca jendela dan tidak melebihi talang air. Dengan begitu, udara di dalam kabin mobil tidak terlalu panas, dan pengemudi tidak terlalu khawatir orang sekitar dapat melihat kabin interior karena terhalang talang air.

Membuat Tampilan Mobil Lebih Keren

Selain berfungsi untuk mencegah air masuk ke dalam kabin, talang air atau door visor juga berfungsi sebagai penambah estetika kendaraan. Penampilan kendaraan dengan talang air mobil akan terlihat lebih keren dibanding kendaraan tanpa talang air.

Sumber gambar: Cintamobil.com


Kembali ke atas