Banyak yang Salah Kaprah, Ini Fungsi Tuas Spion Tengah

Ditulis oleh : admin | 21 January 2022

Banyak yang Salah Kaprah, Ini Fungsi Tuas Spion Tengah

momobil.id – Spion tengah atau rear view merupakan salah satu komponen mobil yang cukup penting. Spion tengah berfungsi untuk membantu pengemudi melihat blind spot pada bagian belakang mobil. Namun terkadang spion rear view mobil dapat mengganggu pengemudi ketika memantulkan cahaya saat malam hari, dan masih sedikit orang yang tau kalau masalah ini bisa diakali. Sebenarnya, ada suatu komponen yang memiliki fungsi untuk menghindari tersebut, yaitu tuas pada spion tengah mobil.

Fungsi dari tuas pada spion tengah mobil untuk meredam pantulan cahaya, terutama saat malam hari ketika lampu depan dari mobil lain masuk ke kabin dan mengganggu pengemudi. Tuas ini ada di bawah spion tengah. Pengemudi hanya perlu menaikan atau menurunkan tuas untuk menyesuaikan pantulan cahaya pada spion. 

“Jadi, kalau dia sedang berjalan, maka itu tinggal diturunkan atau dinaikkan, di mana sinar itu tidak langsung diterima ke kaca spion tengah,” ujar Founder Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu, dilansir dari kompas.com. 

Baca Juga: Lima Fungsi Penting Kaca Spion ketika Mengendarai Mobil

Ketika tuas ada pada posisi normal, maka spion akan memantulan cahaya sama seperti spion kanan dan kiri. Namun apabila diturunkan, maka cahaya yang dipantulkan akan diredam sehingga pantulan cahaya tidak terlalu terang dan mengganggu pengemudi. Hal ini sangat berguna karena tidak merubah posisi awal spion tengah walaupun cahaya diredamkan.

Namun, fitur ini lebih baik digunakan saat malam hari saja. Terutama ketika cahaya berlebih masuk ke kabin saat berkendara pada malam hari yang mengganggu visibilitas pengemudi. Untuk pemindahan spion pada siang hari tidak direkomendasikan. Namun, mengubah letak atau posisi spion tengah dapat membahayakan juga karena bisa menambah blind spot yang sebelumnya dapat dicakup.

mobil terkait

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 337.700.000

Individu

Rp 285.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas