Gak Pake Ribet, Ini Cara Mengecek Air Aki Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 28 April 2020

Gak Pake Ribet, Ini Cara Mengecek Air Aki Mobil

momobil.id – Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan selama masa karantina diri ini, salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap volume air pada aki atau akumulator mobil. Aki merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil. Aki berfungsi sebagai penyimpan energi listrik yang bertugas untuk menggerakan msin pada saat kunci kontak diputar. Kondisi aki ini penting untuk dijaga dan dirawat sehingga kinerjanya tetap maksimal. Salah satu cara untuk merawat aki adalah dengan mengecek dan memastikan bahwa volume air pada aki mobil jangan sampai kurang. Jika kurang atau dibawah batas, maka dapat merusak elemen di dalam aki.

Suparna selaku Kepala Bengkel Auto2000 mengatakan bahwa untuk menjaga kondisi aki, air aki harus dipastikan berada di tengah-tengah batas yang diperbolehkan.

“Jangan sampai air di atas upper atau batas atas maupun di bawah batas terendah atau low,” kata Suparna dilansir dari Kompas.com

Menurut Suparna, jika volume air aki tidak sesuai dengan yang direkomendasikan, maka akan berefek pada aki tersebut. Jika air pada aki terlalu banyak atau melebihi batas maksimal, maka akan terjadi penguapan saat digunakan. Sebaliknya, jika air aki dibawah batas yang ditentukan, maka aki tidak bisa bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu disarankan agar volume air aki tetap berada di tengah batas atas dan bawah. Berikut adalah beberapa tips untuk mengecek volume air aki pada aki mobil.

Lakukan pada Siang Hari

Lakukan pengecekan pada siang hari. Pemilik mobil akan lebih mudah untuk mengecek ketinggian air aki dibanding malam hari. Pada malam hari, harus lebih fokus dan membutuhkan penerangan tambahan.

Pengecekan dengan Membuka Tutup Aki

Bersihkan tutup aki ketika tidak bisa melihat lubangnya. Bersihkan menggunakan kain bersih, masukkan, lalu keluarkan kembali. Jika cairan normal maka tutup aki akan basah, namun jika tidak basah maka aki sudah berada di bawah batas.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet Muda

Menggoyangkan Aki

Cara selanjutnya adalah dengan menggoyangkan aki. Pada saat menggoyangkan aki, perhatikan garis paling atas. Setelah itu dapat terlihat apakah air dalam batas aman atau kurang. Jika kurang, maka air aki perlu diisi kembali.



Kembali ke atas