Gampang Panik? Lebih Baik Tidak Usah Menyetir Mobil

Ditulis oleh : Helen Birgitta

27 September 2019

Gampang Panik? Lebih Baik Tidak Usah Menyetir Mobil

momobil.id – Sebagai salah satu moda favorit masyarakat, mobil menjadi pilihan karena menawarkan kenyamanan dengan ruang kabin berpendingin udara serta mampu mengangkut beberapa orang maupun barang sekaligus. Bagi beberapa orang, menyetir mobil bahkan menjadi aktivitas yang menyenangkan karena memang hobi mengemudikan kendaraan roda empat tersebut.

Namun perlu diketahui, tidak semua orang bisa menyetir mobil. Bukan hanya karena masalah skill yang membuatnya tak cakap mengemudi. Tetapi ada faktor lain seperti menderita beberapa penyakit tertentu yang dapat membahayakan keselamatan jika dipaksakan mengemudikan mobil.

Seperti dilansir Toyota Astrido, berikut beberapa penyakit yang membuat penderitanya dilarang keras untuk menyetir mobil.

Hemianopsia

Hemianopsia merupakan penyakit yang menyerang penglihatan. Hal ini terjadi karena penderita mengalami kerusakan organik yang dapat disebabkan oleh stroke atau cedera kepala. Akibatnya, pandangan menjadi terbatas dan hanya mampu melihat separuh bagian dari bidang penglihatan. Karena itu, objek yang tadinya terlihat bisa tiba-tiba hilang dan menjadi gelap. Tentu saja hal ini akan sangat berbahaya jika terjadi saat berkendara, karena pengelihatan merupakan peran penting dalam berkendara.

Panic Attack

Panic attack atau Panic disorder adalah penyakit yang membuat si penderita mengalami kepanikan yang menjurus menjadi ketakutan hebat tanpa faktor penyebab yang memicunya. Penderita panic attack akan di katakana panic disorder, jika telah mengalami serangan sedikitnya empat kali. Jika panic disorder kambuh, tentu hal tersebut berpotensi besar memicu kecelakaan ketika mengemudikan mobil.

Epilepsi

Penyakit ini memicu kejang berulang yang disebabkan adanya kelainan sinyal listrik dalam otak. Oleh karena itu, penderita epilepsi dilarang mengemudi karena bisa sering muncul secara tiba-tiba yang juga menyebabkan penderita kehilangan kendali akan dirinya secara penuh, seperti otot menjadi kaku, pergerakan tidak terkontrol, dan penurunan kesadaran. Hal ini tentu sangat berbahaya jika penyakit kambuh saat sedang menyetir mobil.

Vertigo

Rasa sakit kepala seakan-akan kepala berputar hebat yang disebabkan gangguan keseimbangan merupakan ciri penyakit vertigo. Jika vertigo mendadak kambuh, tentu akan mengganggu konsentrasi saat sedang menyetir mobil. Penderita vertigo lebih baik segera menepi di tempat aman jika penyakitnya kambuh dan beristirahat ketimbang terus memaksakan diri mengemudi.

Sumber gambar: thetimes

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas