Gandeng Autoliv, Honda Rancang Desain Airbag Terbaru

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

1 October 2019

Gandeng Autoliv, Honda Rancang Desain Airbag Terbaru

momobil.id – Airbag merupakan salah satu fitur yang sangat penting dari sisi keamanan mobil. Guna mengurangi risiko cedera pada pengemudi, Honda bekerja sama dengan Autoliv selaku pengembang sistem keamanan dalam mobil kini tengah merancang airbag terbaru yang akan mulai ditanamkan pada mobil-mobil Honda mulai tahun 2020.

Model airbag terbaru ini akan menangkap dan mengamankan kepala pengemudi ketika terjadi benturan. Dengan menangkap kepala dalam posisi yang benar, airbag dapat mengurangi risiko cedera kepala. Prinsip operasi airbag baru ini mirip dengan catcher dalam olahraga bisbol. Perangkat ini dibagi menjadi tiga kompartemen, yakni sebuah kompartemen utama, dua kompartemen yang nantinya akan melebar, dan sail panel.

Sail panel berfungsi sebagai penahan utama pada anggota tubuh pengendara yang bisa membentur dashboard ketika terjadi kecelakaan. Bagian ini mengembang di antara dua kompartemen yang mengembang melebar pada ujung terluar dari dashboard. Honda mengatakan komponen tersebut bisa memperkuat posisi kepala pengemudi dalam situasi bahaya.

Seperti dilansir Wired, kompartemen mengembang dalam dua tahap sekitar 0,15 detik. Hal ini diperlukan untuk pengembangan maksimum bagian airbag yang lebih besar. Untuk menguji airbag terbaru, Honda menggunakan pitching sled crash simulator. Simulator ini menggunakan piston berkekuatan 550 ribu tenaga kuda yang ditenagai oleh gas nitrogen untuk menabrak rig uji stasioner yang berisi komponen-komponen dan struktur kendaraan namun bukanlah sebuah mobil lengkap.

Baca Juga: Apa betul mencuci mobil listrik bisa mengakibatkan korslet?

Ketika benturan terjadi, piston akan menabrak plat pada sled. Kekuatan tabrakan tersebut akan mengaktifkan airbag. Pihak Honda mengklaim airbag baru ini dapat mengurangi risiko yang menyebabkan kerusakan otak hingga 75 persen. Namun belum ada studi khusus yang memvalidasi klaim ini. Awal enam bulan debut pada 2020, Honda akan menyediakan airbag tersebut secara eksklusif hanya pada kendaraan Honda. Namun belum dijelaskan model mana yang akan mendapatkan pembaruan airbag ini. Setelahnya, Autoliv dapat memasarkan sistem airbag ini ke produsen lain.

Sumber gambar: Wired

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas