Ganti Busi Berkala Agar Kerusakan Mesin Mobil Tidak Merembet

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 14 January 2019

Ganti Busi Berkala Agar Kerusakan Mesin Mobil Tidak Merembet

Tips Mobil | Mobil Bekas

Busi punya peranan penting untuk mobil berbahan bakar bensin. Tugasnya melakukan proses pembakaran pada mesin mobil serta menghasilkan kelistrikan dan tenaga gerak. Jika manfaat ini telah Anda ketahui, maka tugas selanjutnya adalah memelihara dan paham kapan busi harus diganti.

Pertanda busi mulai berkurang fungsinya, ditandai dengan mesin tak stabil. Sebab busi yang baik menjaga secara konstan fungsi pengapian. Jika busi bermasalah, kinerja mesin langsung terganggu.

Busi punya manfaat sebagai cadangan listrik pengganti aki. Pada saat mesin menyala, kinerja busi mengkonversi pembakaran sebagai tenaga listrik yang bisa digunakan untuk menghidupkan lampu serta perangkat kelistrikan lainnya. Terjadinya masalah pada busi maka kelistrikan pada mesin akan terganggu.

Masalah lainnya yang diakibatkan oleh busi adalah gangguan pada pembakaran bensin dan udara pada ruang bakar sehingga tenaga gerak dan kelistrikan terhambat karenanya.

Kondisi yang paling cepat bisa Anda ketahui jika terjadi masalah pada busi adalah saat menyalakan mesin yang tiba-tiba menjadi sulit karena gangguan pada pembakaran.

Penggantian busi dilakukan jika terjadi masalah. Dianjurkan tidak sebagian tetapi ganti total seluruh busi. Untuk jangka waktu pemakaian busi, selagi busi bekerja dengan baik maka tidak perlu menggantinya. Namun ada baiknya sebelum mengalami masalah, busi harus selekasnya diganti agar tidak merembet ke bagian mesin lainnya.

Idealnya, busi punya usia pakai 8000 hingga 10 ribu kilometer. Usia pemakaian itu bisa bertambah jika Anda rajin melakukan pembersihan pada ruang busi. Pertanda busi habis usia pakainya adalah percikannya ke ruang bakar akan berkurang dan berdampak pada kinerja mesin. Dampak lainnya, bensin menjadi lebih boros dan tenaga mesin melemah.

Untuk terhindar dari masalah karena habis usia pakai busi, lakukan pengecekan tiga hingga empat bulan sekali atau tiap kali Anda singgah ke bengkel. Tujuannya agar lekas diketahui sedari dini dan dilakukan penggantian. Utamanya mobil yang sering bermacet-macetan, rekomendasi mengganti busi secara berkala sangat berlaku.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock


Kembali ke atas