Ciri-ciri Minyak Rem Sudah Basi, Segera Ganti Jika Ada Tanda Seperti Ini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 October 2021

Ciri-ciri Minyak Rem Sudah Basi, Segera Ganti Jika Ada Tanda Seperti Ini

momobil.id – Tak hanya oli mesin, cairan lain dalam mobil yang perlu rutin diganti adalah minyak rem. Ada alasan tertentu mengapa pemilik mobil perlu ganti minyak rem secara berkala.

Sistem pengereman merupakan hal yang vital pada sebuah kendaraan, termasuk mobil. Pada mobil, kampas rem memang perlu diperhatikan dan segera diganti jika sudah waktunya. Namun tak hanya kampas rem, minyak rem juga tak kalah penting dalam mendukung sistem pengereman mobil agar tetap optimal.

Menurut Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cilandak, Suparna, mobil perlu ganti minyak rem secara berkala seperti cairan lainnya. “Minyak rem ini diganti sekitar 2 tahunan atau setara dengan perawatan 40 ribu kilometer atau kalau sekarang nyebutnya perawatan servis berkala kelima,” ujar Suparna seperti dilansir kumparan.

Salah satu tanda yang harus diperhatikan jika minyak rem mulai basi, yakni lampu indikator rem pada panel instrumen mobil menyala. Bila sudah menyala disarankan untuk langsung membawa mobil ke bengkel. Ini juga menjadi alasan mengapa memperhatikan panel instrumen mobil sangatlah penting.

Jika tidak dilakukan pergantian secara berkala, akan berdampak pada performa pengereman mobil yang tidak maksimal sehingga menimbulkan potensi kecelakaan. Ini disebabkan turunnya kualitas minyak rem serta adanya kondensasi pada tabung reservoir minyak rem.

Baca juga: Ini yang Bikin Ban Mobil Cepat Botak, Ada yang Jadi Kebiasaan Kamu?

“Uap air yang ada di udara dan yang ada di tabung reservoir, itu dia akan turun bercampur dengan minyak rem dan diserap dengan minyak rem. Air yang lama-lama ada di sistem pengereman itu, akan semakin banyak dan saat jumlahnya sudah semakin banyak akan sangat bahaya sekali ketika dipakai saat pengereman ekstrem,” jelas Suparna.

Suparna menyarankan untuk para pemilik mobil tidak abai akan hal ini dan biasakan melakukan penggantian minyak rem secara rutin. Sama halnya berlaku untuk mobil yang jarang dipakai.

Ketika melakukan penggantian minyak rem, Suparna menyarankan pemilik mobil untuk menggunakan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki kendaraan. Untuk mengetahuinya cukup mudah, pemilik mobil dapat melihatnya di buku panduan mobil atau jika ingin lebih mudah, lakukan penggantian minyak rem secara langsung di bengkel resmi.

mobil terkait

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 195.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas