Jalan Tol Ini Menembus Lantai Bertingkat Sebuah Gedung, Kok Bisa? Begini Ceritanya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 January 2020

Jalan Tol Ini Menembus Lantai Bertingkat Sebuah Gedung, Kok Bisa? Begini Ceritanya

momobil.id – Tersembunyi di balik area residensial di kota Osaka, terdapat sebuah bangunan yang cukup unik. Gate Tower Building adalah satu – satunya bangunan yang dilintasi oleh jalan tol di Osaka, Jepang. Biasanya, jalan tol melintasi bagian bawah gedung, atau bagian lantai dasarnya. Berbeda dengan gedung yang lain, lantai 5, 6, dan 7 pada Gate Tower Building dilintasi oleh bagian kecil Hanshin Expressway.

Pelintasan jalan tol pada bangunan kantor ini terjadi karena adanya kompromi antara dua belah pihak. Hal ini diawali pada tahun 1983, dimana pemerintah daerah Osaka melakukan pengembangan ulang kota. Banyaknya pemilik tanah yang protes pada saat pengembangan ini membuat pemerintah menetapkan status kepemilikan tanah satu titik memungkinkan untuk dimiliki oleh dua belah pihak.

Sang pemilik bangunan yang kabarnya seorang pengusaha arang dan kayu sudah memegang properti tersebut dari periode Meiji. Pemilik bangunan ingin membangun kembali wilayahnya, namun izinnya ditolak karena wilayahnya akan dibangun jalan tol. Setelah proses negosiasi selama lima tahun, pemilik bangunan dan Hanshin Expressway Corporation menetapkan keputusan. Keputusan inilah yang akhirnya memunculkan ide jalan tol yang menembus sebuah bangunan.

Baca Juga : Kenali Risiko Penggunaan Alat Penghemat Bahan Bakar pada Mobil

Meskipun jalan tol menembus bagian tengah gedung, namun aktivitas tetap berjalan normal. Kegiatan di dalam gedung tidak terganggu oleh keberadaan jalan tol. Hal ini dikarenakan pemilik bangunan memasang noise-proofing pada bagian dinding dan lantainya.

Selain itu, lantai 5, 6, dan 7 pada gedung ini tidak bisa diakses lewat lift. Hal ini dapat dilihat pada tombol di dalam lift, dimana tidak ada angka 5, 6, dan 7. Ketiga lantai yang ditembus oleh jalan tol ini digunakan menjadi area mesin dan utilitas bangunan. Untuk mencegah kebisingan, jalan tol dilengkapi oleh pilar-pilar. Pilar ini juga dirancang sebagai pelengkap bagi fasad bangunan.

Adanya bangunan yang ditembus oleh jalan tol ini menunjukan ide dan inovasi Jepang dalam menata kotanya. Bagi yang ingin merasakan sensasi berkendara masuk ke dalam gedung ini bisa melewati jalan dari jalur Ikeda dari arah timur menuju Umeda. Lewat pintu keluar tol menuju Umeda inilah, kita melewati Gate Tower Building.

Sumber gambar : Wikipedia



Kembali ke atas