Gejala Busi Mobil yang Mulai Bermasalah

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 20 September 2020

Gejala Busi Mobil yang Mulai Bermasalah

momobil.id – Meski bentuknya cukup mungil, busi memiliki peran penting pada sebuah mobil. Kondisi busi yang rusak atau tidak layak pakai akan berdampak pada ketidaknyamanan pengemudi ketika memacu kendaraannya. Busi yang rusak juga bisa mengakibatkan mesin kehilangan tenaga dalam kondisi tertentu, bahkan yang paling parah membuat mobil menjadi mati.

Dalam sistem pengapian kendaraan bermotor, busi memiliki peran penting. Busi sendiri berfungsi memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara dengan bahan bakar. Mengingat vitalnya peran busi bagi mobil, pemilik kendaraan tentu harus mengetahui apa saja ciri-ciri jika busi sudah mulai bermasalah.

Ciri-ciri ini bisa dirasakan baik saat mobil dalam kondisi diam (idle) atau sedang berjalan. Saat sedang idle, pengemudi bisa merasakan putaran mesin terasa tidak halus jika businya bermasalah. Tidak halusnya putaran mesin bisa dirasakan dari dalam kabin karena busi yang bermasalah akan menimbulkan getaran. Tuas gas juga akan terasa berat jika busi sedang bermasalah.

Kondisi selanjutnya yakni saat mobil sedang berjalan. Pada kondisi ini, pengemudi bisa merasakan akselerasi mobil terasa kurang maksimal karena busi yang bermasalah menyebabkan mobil kekurangan tenaga. Jika tenaga mobil dirasa sudah tidak maksimal, jangan sengaja terus dipaksa karena bisa mengakibatkan mobil mogok.

Lalu, apa yang menyebabkan busi bermasalah? Bisa karena usia pemakaian atau kesalahan saat pemasangan yang membuat keramik busi retak. Karena itu, sebelum menunggu busi bermasalah, pemilik kendaraan sebaiknya rutin memeriksa bagian busi apakah masih layak pakai atau sudah harus diganti.

Baca juga: Mobil Matic Katanya Boros, Mitos atau Fakta?

Ciri-ciri busi yang harus diganti bisa dilihat dari warnanya yang kecokelatan. Warna tersebut menandakan masa penggunaan busi hampir habis dan harus segera diganti. Jika warna busi kemerahan atau kuning, ini menandakan mesin melakukan pemanasan berlebihan sehingga bagian yang harus dicek adalah bagian pendingin.

Adapun jika busi berwarna hitam gosong, artinya ada yang salah dari setelan bahan bakar. Sedangkan jika busi meleleh, kemungkinan kompresi mobil mengalami kebocoran. Mengingat kerusakan busi ada bermacam-macam, segera bawa mobil ke bengkel terdekat ketika sudah merasa ada yang tidak beres pada performa mobil.

Sumber gambar: Autoguru.com.au


Kembali ke atas