GR Corolla, Hot Hatchback Sangar dari Toyota

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 6 April 2022

GR Corolla, Hot Hatchback Sangar dari Toyota

momobil.id – Setelah merilis Toyota GR Yaris beberapa waktu lalu, kali ini Toyota kembali merilis sebuah hatchback sangar. Toyota Gazoo Racing memperkenalkan Toyota GR Corolla di California, Amerika Serikat pada Kamis (31/3). Versi sangar dari Corolla Hatchback ini akan dipasarkan di Jepang pada semester kedua 2022.

Tampilan GR Corolla

Secara tampilan, Toyota GR Corolla memiliki tampilan yang sama dengan versi standar. Mobil ini masih menggunakan basis dari Toyota Corolla Sport, namun dengan beberapa ubahan. Toyota memperlebar bagian samping mobil ini, di mana roda depan lebih lebar sejauh 60 mm, dan roda belakang sejauh 85 mm. Bagian depan mobil ini masih menggunakan grille besar dengan tambahan intake pada bagian samping. Selain itu, terdapat fender dengan sentuhan ala ventilasi yang membuat mobil ini tampak menarik. Pada bagian bumper belakang disematkan dua buah knalpot beserta diffuser yang berada di bagian tengah. Berbeda dengan GR Yaris, GR Corolla memiliki dimensi yang lebih besar dan dapat mengangkut 5 penumpang.

Fitur

Pada bagian kaki-kaki, GR Corolla mengadopsi sistem GR FOUR-4WD yang juga digunakan oleh GR Yaris. Sistem ini menggunakan electronic multi-plate clutch yang dapat memberikan gaya penggerak depan dan belakang yang lebih variatif. 4WD pada mode Drive dapat mengontrol respons akselerator, kemudi, dan lainnya secara terpisah sehingga pengemudi bisa memilih mode sesuai dengan gaya mengemudi dan kondisi jalan. Stabilitas pada GR Corolla juga diperkuat dengan penggunaan pillow-ball bushings, shock absorber, dan per yang dioptimalkan. Mobil ini juga menggunakan wheel alignment yang disesuaikan dengan transmisi GR Four.

Baca Juga: Toyota Persiapkan GR Yaris Bertransmisi Otomatis

Dalam segi fitur mobil ini sudah dilengkapi dengan layar 8 inci yang dilengkapi dengan sistem intelligent assistant. Selain itu, Toyota juga menyematkan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 pada hot hatchnya. Fiturnya seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, dan Lane Tracing Assist. Lalu masih ada Dynamic Radar Cruise Control, Automatic High Beams, Road Sign Assist, dan Rear Seat Reminder.

Mesin GR Corolla

Pada sektor mesin, GR Corolla ditenagai oleh mesin 3 silinder berkapasitas 1,6 liter turbo berkode G16E-GTS. Mesin yang sama digunakan oleh GR Yaris ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 300 hp dan torsi sebesar 370 Nm. Tenaga dari mesin kemudian disalurkan lewat transmisi manual 6 percepatan dengan sistem penggerak 4WD. Soal harga, Toyota belum mengumumkan harga dari mobil ini. GR Corolla akan diproduksi di pabrik Toyota Motomachi, Jepang.

Sumber gambar: motor1.com

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas