Gunakan Sandal Jepit saat Mengemudi Berpotensi Menimbulkan Kecelakaan, Kok Bisa?

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

3 October 2019

Gunakan Sandal Jepit saat Mengemudi Berpotensi Menimbulkan Kecelakaan, Kok Bisa?

momobil.id – Menyetir mobil hanya beralaskan sandal jepit memang sangat nyaman, namun ternyata dapat membahayakan keselamatan ketika berkendara karena berpotensi menimbulkan kecelakaan. Terlebih jika sandal jepit yang digunakan sangat tipis.

Meskipun sekedar masalah alas kaki, hal seperti ini lebih baik tidak diabaikan. Pasalnya beberapa kali kecelakaan mobil ditemukan karena pengemudinya menginjak pedal menggunakan sandal jepit.

Seperti dilansir Kompas, hasil polling perusahaan asuransi Sheila’s Wheels menyatakan alas kaki yang terlalu tipis menjadi penyebab timbulnya potensi kecelakaan sebanyak 1,4 juta setiap tahun. Mengapa bisa begitu?

Hal ini dikarenakan sandal jepit tidak dapat mengunci telapak kaki, sehingga risiko terlepas secara tiba-tiba pasti ada. Maka, saat menginjak pedal gas, ada kemungkinan sandal jepit tersangkut di pedal. Begitu juga jika permukaannya licin, kaki pengemudi bisa tergelincir saat berusaha menginjak pedal.

Kejadian seperti itu bukannya tidak mungkin, karena pandangan pengemudi pasti terfokus pada jalan dan tidak melihat ke arah pedal gas saat ingin menginjaknya. Sandal jepit bisa saja terselip tanpa diketahui dan pengemudi sulit menginjak pedal gas atau rem.

Selain itu, perpindahan kaki ke pedal lainnya saat menggunakan sendal jepit juga memakan waktu dua kali lipat lebih lama, yaitu 0,04 detik. Sementara jika beralaskan sepatu hanya 0,02 detik.

Baca Juga: Gandeng Autoliv, Honda rancang desain airbag terbaru

Menyetir menggunakan sandal jepit juga dapat mengurangi tekanan saat melakukan pengereman. Hal ini tentu berbahaya ketika pengemudi harus melakukan rem mendadak. Karena tidak dapat menginjak pedal rem dengan maksimal, pengemudi bisa saja menabrak mobil yang berada di depannya.

Karena itu, pengemudi disarankan menggunakan sepatu guna menghindari risiko potensi kecelakaan saat sedang mengemudikan mobil. Agar lebih aman, terdapat pula standar alas kaki yang dapat digunakan saat mengemudi, seperti sol tak lebih tebal dari 10mm, terdapat karet pada bagian bawah agar tidak licin, tidak terlalu besar, dan tidak membatasi pergerakan pergelangan kaki.

Adapun menyetir menggunakan sandal jepit juga tak disarankan di negara lain. Seperti Inggris, yang menjatuhkan denda sebesar 5.000 poundsterling atau sekitar Rp87 juta bagi pengemudi yang mengemudikan mobil menggunakan sandal jepit.

Sumber gambar: guff

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas