Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Mobil Karatan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 5 April 2022

Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Mobil Karatan

momobil.id – Memiliki bodi mobil yang mulus merupakan idaman bagi setiap orang. Biasanya, mobil yang mulus dengan kondisi baik memiliki harga jual yang tinggi. Namun apabila mobil tidak dirawat dengan baik, tentu kondisinya akan buruk. Salah satu masalah yang kerap terjadi pada bodi mobil adalah timbulnya karat. Bodi yang berkarat tentu menghilangkan estetika dari mobil itu sendiri. Ada berbagai penyebab bodi mobil menjadi karatan. Berikut pembahasannya.

Salah satu penyebab dari bodi mobil yang karatan adalah rusak akibat benturan, tabrakan, atau goresan. Goresan pada bodi mobil membuat lapisan pelindung pada mobil bisa hilang. Lapisan pelindung yang terkelupas ini dapat membuat bodi mobil berkarat, apalagi ketika terkena air. Apabila pemilik kendaraan tidak mengatasi hal ini secara langsung, maka karat yang timbul semakin parah.

Selain terkena benturan, mobil yang diparkir di daerah pantai rentan berkarat. Kandungan mineral yang tinggi pada air laut dapat memicu karat pada mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil yang sering beraktivitas di daerah dekat pantai harus lebih berhati-hati dalam merawat mobil. Selain air laut, air hujan juga dapat membuat timbulnya karat pada bodi. Air hujan mengandung mineral dan tingkat keasaman tinggi terutama pada wilayah perkotaan. Apabila mobil jarang dibersihkan sesudah terkena air hujan, maka karat dapat berpotensi untuk timbul.

Baca Juga: Penjelasan Mengapa Body Mobil Kekinian Lebih Mudah Penyok

Mencegah Bodi Mobil Karatan

Cara paling mudah untuk mencegah mobil berkarat adalah dengan mencuci mobil dengan benar. Sebelum mencuci mobil, alangkah baiknya menggunakan air dan shampoo khusus mobil dengan pH normal. Setelah mencuci mobil, pastikan mobil dalam keadaan yang kering dengan sempurna. Perhatikan bagian sela-sela bodi mobil seperti tutup tangki bensin, lis kaca, dan bagian sela-sela pintu.

Selain itu, pemilik mobil perlu memperhatikan bagian bodi mobil. Apabila ada cat yang terkelupas, maka segera perbaiki dengan cat panel. Pemilik mobil bisa memperbaiki cat bodi mobil ke bengkel body repair. Sebelum melakukan pengecatan ulang, pastikan bengkel body repair menghilangkan karat pada mobil.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas