Hanya Ada 50 Unit, Nissan Kembangkan GT-R50 Bersama Italdesign

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 20 January 2021

Hanya Ada 50 Unit, Nissan Kembangkan GT-R50 Bersama Italdesign

momobil.id – Berkolaborasi dengan Italdesign yang merupakan perusahaan desainer otomotif asal Italia, Nissan mengembangkan mobil sport ganas bernama GT-R50.

GT-R50 yang dikembangkan Nissan bersama Italdesign ini dipamerkan di Nissan Crossing di Tokyo. Menurut Nissan, mobil itu telah digunakan di sirkuit untuk menguji kekokohan dan daya tahan sasis. Serat karbon yang menjadi material di beberapa bagian serta tampilan sayap belakang baru juga diuji dalam mobil ganas ini.

Seperti dilansir Detik.com, Nissan GT-R50 hanya diproduksi 50 unit. Tampilannya sangat ganas dengan pengembangan supercar paling mengesankan dalam dekade terakhir. Nissan GT-R50 dibekali mesin V6 3.800 cc twin-turbo. Tenaga maksimalnya mencapai 710 daya kuda. Dengan tenaga yang buas itu, kekakuan dan daya tahan sasis menjadi hal yang terpenting.

Mesin V6 itu diproduksi dengan tangan di pabrik Nissan di Yokohama. Pembuat mesin itu disebut Takumi yang cukup teliti dalam membuat mesin Nissan GT-R. Selain mesin, pekerjaan pengembangan dan rekayasa dilakukan oleh Italdesign. Namun, tampilannya ditangani oleh tim desain Nissan di Eropa dan Amerika.

Sementara mesin bertenaga 710 daya kuda harus dibekali pengereman optimal untuk memperlambat laju mobil. Nissan GT-R50 ini dilengkapi dengan rem Brembo enam piston. Untuk urusan stabilitas, mobil ditambahkan damper Bilstein DampTronic yang bisa disetel, serta ban Michelin Pilot Super Sport.

Baca juga: Mobil Listrik Canggih dari Alibaba dan SAIC, Bisa Isi Ulang Baterai Secara Nirkabel

Nissan GT-R50 dibikin untuk merayakan ulang tahun ke-50 mobil sport Jepang ikonik ini pada 2019 dan hari jadi Italdesign pada 2018. “Ini adalah momen langka ketika dua momen besar beririsan: 50 tahun Italdesign membentuk dunia otomotif dan 50 tahun Nissan menghasilkan kegembiraan melalui GT-R ikonik kami,” kata Wakil Presiden Senior Desain Global Nissan, Alfonso Albaisa.

Adapun sebagai model terbatas, masing-masing mobil ini dijual dengan seharga €990 ribu atau hampir Rp17 miliar sebelum pajak.

Sumber gambar: Motor1.com


Kembali ke atas