Harga Mobil Daihatsu Masih Kompetitif dengan Merek Ternama Lainnya

Meski terlanjur identik sebagai mobil niaga pilihan, namun Daihatsu tidak ingin image mobil niaga selalu melekat pada setiap produknya. Dalam beberapa dekade, prestisenya naik terus berkat kombinasi produksi Daihatsu - Toyota. Harga mobil Daihatsu pun kompetitif seperti pendampingnya, Toyota.

Memang secara strategi pemasaran, Daihatsu ditempatkan pada pilihan kedua setelah Toyota. Perpaduan teknologi yang sama dengan merek berbeda tidak jarang dilakukan, misalkan saja Daihatsu Xenia dengan Toyota Avanza, Daihatsu Ayla dengan Toyota Agya, Daihatsu Sigra dengan Toyota Sienta, dan Daihatsu Terios dengan Toyota Rush.

Yang membedakan kelasnya diantaranya adalah perbedaan harga jual dan spek di seputaran fasilitas. Namun jika ditinjau secara komprehensif, keduanya unggul di pangsa pasarnya masing-masing. Paling mencolok, Daihatsu lekat di konsumen newbie dan keluarga muda. Area pemasaran potensialnya berada di kota besar maupun pedesaan.

Di perkotaan, LCGC dalam wujud Daihatsu Sigra saja menempati posisi pertama penjualan dengan total penjualan 31.813 unit, disusul Grand Max (PU) dengan 26.457 unit, Xenia 21.758 unit, Terios 18.781 unit, 18.781 unit, Ayla 15.809 unit, Grand Max (MB) 10.131 unit, serta Sirion, Luxio, dan Hi-Max total terjual 3.776 unit.

Keunggulan Daihatsu selain sebagai merek lawas ternama, juga pada keunggulan mesinnya yang hemat BBM. Beberapa kali juga berhasil menciptakan pasar tersendiri dan tidak hanya head to head dengan merek Toyota, tapi juga dengan merek lain seperti Suzuki, Honda dan Nissan. Untuk masuk ke dalam kompetisi pasar Suzuki, Daihatsu mengeluarkan MPV Luxio dan berhadapan dengan APV.

Dengan Honda dan Nissan, Daihatsu mengeluarkan Sirion dan bersanding bersama Brio serta March. Sirion menempati penjualan terbuncit dari Daihatsu, namun pada kelas hatchback, Sirion telah ambil positioning merebut perhatian pasar hatchback dan LCGC.

Dalam skala pasar otomotif nasional, angka penjualan tertinggi dipegang oleh Mitsubishi Xpander di Agustus 2018. Disusul Toyota Avanza, Rush, Calya, dan Kijang Innova. Daihatsu menyumbang penjualan lewat Sigra dan Grand Max Pick up. Secara merek, Daihatsu masih kompetitif dengan menempati urutan ketiga penjualan terbaik di bawah Mitsubishi dan Toyota.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

Berita Terbaru

  • Penyebab Power Steering Terasa Berat dan Cara Mencegahnya
    • 24 Jun 2019
  • Baterai Remote Keyless Habis, Bagaimana Caranya Membuka Mobil?
    • 24 Jun 2019
  • Serba-serbi Seputar Transmisi Mobil Matic
    • 20 Jun 2019
  • Tak Sekedar Hiasan, Ini Fungsi Gril Pada Mobil
    • 19 Jun 2019
  • Memahami Fungsi Ring Piston dan Cara Merawatnya
    • 19 Jun 2019