Hindari 4 Kebiasaan ini saat Merawat Mesin Mobil

Ditulis oleh : admin | 22 December 2016

Hindari 4 Kebiasaan ini saat Merawat Mesin Mobil

Semua yang dibuat oleh manusia pasti akan rusak pada waktunya. Namun, berbeda penanganan tentu akan berbeda pula durasi barang itu bertahan. Penanganan yang baik akan memanjangkan umur barang yang Anda miliki, demikian pula sebaliknya, penanganan yang buruk saat merawat mobil akan mempercepat kerusakan barang Anda. Hal ini bisa jelas terlihat pada penanganan mobil.

Merawat mesin mobil
Source: autodetail.asia

Merawat mesin mobil dengan baik akan selalu terasa seperti mobil baru, karena mesin serta body terawat dengan apik. Hal ini bukan hanya berpengaruh pada umur mobil saja, tetapi nilai jual yang ditawarkan ketika mobil tersebut hendak dijual. Mobil yang tidak terawat akan berbeda jauh dengan mobil yang terawat. Anda tentu tidak mau kan membayar kredit mobil yang diberi harga mahal dengan kondisi kurang baik?

Sebenarnya ada beberapa kebiasaan buruk menggunakan mobil sehari-hari yang Anda tidak sadar dapat merusak mobil secara perlahan. Simak 5 cara merawat mesin mobil berikut:

Jangan Menginjak Gas Ketika Hendak Mematikan Mesin

Salah satu kebiasaan tidak baik yang biasa kita temui sehari-hari adalah menginjakkan gas sesaat sebelum mematikan stop kontak. Mengapa hal ini sebaiknya dihindari? Karena pada dasarnya mesin jangan dimatikan ketika perputaran mesin sedang tinggi. Ini penting karena perputaran mesin membutuhkan pelumasan dari oli mesin untuk membantu pergerakan piston yang sedang naik turun dan jika mesin dimatikan secara mendadak, maka asupan pelumas dari mesin juga akan berhenti. Akibatnya, komponen-komponen mesin akan haus dan jika dilakukan terus-terusan akan merusak mesin mobil Anda.

Sebaiknya, ketika hendak mematikan mobil pastikan keadaan mesin dalam keadaan idle atau diam selama beberapa menit. Tidak harus terlalu lama, yang penting cukup untuk memastikan bahwa keadaan mesin sedang dalam kondisi tenang.

Pastikan AC Sudah Mati Ketika Mesin Mobil Dimatikan

Tahukah Anda hal se simpel tidak mematikan AC saat mesin mobil dimatikan bisa berakibat fatal pada mobil Anda jika dilakukan terus menerus? Ya, karena jika Anda mematikan mesin mobil dengan kondisi AC masih menyala, maka mesin akan bersentakkan dengan kompressor AC yang masih menyala. Selain itu, menghidupkan mesin saat kondisi AC masih menyala akan memendekkan umur aki dan mesin mobil karena tenaga keduanya akan terkuras karena harus bekerja lebih saat menghidupkan mesin.

Usahakan untuk selalu mematikan AC sebelum mematikan mesin mobil. Selalu pastikan kondisi AC sudah mati baik saat hendak mematikan atau menghidupkan mesin mobil. Hal ini sebagai langkah merawat mobil paling penting.

Perhatikan Karakteristik Mobil Anda Sebelum Menghidupkan Mesin

Beda mobil, beda pula penanganannya. Anda sebagai pemilik mobil harus paham bagaimana karakteristik mobil Anda, agar Anda tau cara merawat mesin mobil Anda dengan baik dan benar. Salah satu yang harus diperhatikan adalah apakah mobil Anda bisa langsung di-starter atau harus ditunggu. Pada beberapa mobil, khususnya mobil diesel, sebelum diputar kebagian pemicu kontak, ada baiknya menunggu 3-5 detik sampai semua komponen elektrik dan komputer sudah menyala dalam posisi on. Hal ini ditujukan agar ketika mesin mobil menyala, semua komponen sudah siap untuk bekerja dan tidak kaget.

Pada beberapa tipe mobil, Ada beberapa indikator yang harus padam terlebih dahulu sebelum menghidupkan mesin, seperti indikator ABS, Power Steering, T-Belt, atau Check Engine. Jika ada indikator-indikator tersebut di dashboard mobil Anda, maka pastikan indikator-indikator tersebut padam sebelum mesin dihidupkan.

Seperti AC, Pastikan Head Unit Dimatikan Duluan Sebelum Mesin.

Layaknya AC, pasti banyak diantara Anda yang tidak mematikan Head Unit atau pemutar musik/radio di mobil Anda. Namun, tahukah Anda kalau mematikan mesin saat Head Unit masih menyala bisa merusak Head Unit secara perlahan? Ya, karena ketika mobil dihidupkan kembali, Head Unit mendapatkan arus listrik yang belum stabil dan terlalu besar sehingga bisa merusak komponen Head Unit. Biasanya Head Unit yang sudah tidak terawat akan ditandai dengan suara letupan dari speaker saat menyalakan mesin mobil.

Untuk itu, untuk mengurangi risiko kerusakan Head Unit, sebaiknya matikan Head Unit sebelum mematikan mesin mobil.

Ternyata hal-hal yang merusak mobil Anda datangnya dari kebiasaan yang Anda anggap sepele bukan? Untuk itu, agar mobil Anda tidak cepat rusak dan dapat dijual kembali dengan harga yang tinggi pastikan Anda mengikuti 4 cara merawat mesin mobil di atas.

Jika Anda sudah pernah mempraktikkan ke-empat cara diatas dan berniat menjual mobil Anda dengan harga yang tepat, jual saja di Momobil.id! Selain bisa mengecek dan membandingkan harga, kredit mobil pun terjamin aman. Yuk cek sekarang!

mobil terkait

Rp 149.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 357.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 189.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 223.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 112.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas