Hindari Penggunaan Glass Cleaner, Begini Cara yang Tepat Bersihkan Kaca Film

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 May 2021

Hindari Penggunaan Glass Cleaner, Begini Cara yang Tepat Bersihkan Kaca Film

momobil.id – Sama seperti bagian mobil lainnya, kaca mobil bagian dalam yang dilapisi kaca film sebenarnya juga perlu dirawat dengan rutin membersihkannya. Namun mungkin belum semua pemilik mobil mengetahui cara yang benar membersihkan kaca film kendaraan kesayangannya.

Sebelum masuk ke bagian cara membersihkan kaca film, perlu diketahui bahwa kunci utama awetnya sebuah kaca film mobil ada di tahap pemasangan. ika pemasangan benar, rapi dan sesuai prosedur, risiko kaca film rusak bisa dikurangi.

Seperti tidak ada gelembung udara antara kaca film dan kaca mobil atau pinggiran kaca film yang terpasang kuat sehingga tak mudah mengelupas. Selain itu, pastikan kaca film yang dipasang merupakan produk asli dan terjamin kualitasnya.

Lalu, bagaimana cara yang benar membersihkan kaca film mobil? Seperti dilansir detikcom yang mengutip Auto2000, saat akan membersihkan kaca mobil yang dilapisi kaca film jangan disamakan seperti membersihkan kaca mobil biasa. Hindari penggunaan glass cleaner yang umum dipakai untuk membersihkan kaca mobil bagian luar karena kandungan kimianya cukup kuat untuk menggerus permukaan kaca film dan berpotensi merusaknya.

Kalau kotoran hanya sebatas debu atau pembersihan ringan seperti waktu mencuci mobil, cukup gunakan kain microfiber untuk membersihkan kaca film. Lakukan gerakan searah agar tidak menimbulkan baret. Untuk mengangkat kotoran, bisa dipakai kain chamois atau kanebo dan air secukupnya. Setelah terangkat, cukup bersihkan dengan kain microfiber. Pastikan kering supaya tidak meninggalkan noda air.

Baca juga: Ingin Jual Mobil Bekas Banjir? Harganya Bakal Anjlok Jadi Segini

Bagaimana jika kotoran belum terangkat dari kaca film? Cara ampuh dan paling aman adalah menggunakan shampo yang memiliki ph balance atau minim kandungan kimia berbahaya. Proses pengerjaannnya seperti saat mengangkat kotoran menggunakan air dan dilap kanebo. Segera bilas dengan air biasa saat kotoran sudah terangkat dan keringkan menggunakan kain microfiber.

Periksa karet yang melingkupi kaca mobil, terutama pada jendela yang bisa dinaik-turunkan dimana ada celah kotoran bisa menempel. Segera bersihkan dengan kain microfiber agar tidak merusak kaca film ketika jendela dioperasikan. Hati-hati pula saat membawa benda tajam ke dalam mobil jangan sampai menggores permukaan kaca film.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas