Honda Brio RS vs Toyota Agya GR Sport, Pilih Mana?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 8 May 2023

Honda Brio RS vs Toyota Agya GR Sport, Pilih Mana?

momobil.id – Honda baru saja menyegarkan tampilan dari mobil city car-nya, yakni Honda Brio RS. Versi facelift dari Brio generasi kedua ini berada di kelas city car dan bersaing langsung dengan Agya GR Sport. Yuk simak komparasi mobil Honda Brio RS dan Toyota Agya GR Sport di bawah ini!

Desain Eksterior

1. Honda Brio RS

Honda Brio RS
Tampak Belakang Honda Brio RS

Secara tampilan, Honda Brio RS facelift masih menggunakan desain yang sama dengan model sebelumnya, namun dengan ubahan pada beberapa bagian detail.

Varian RS mendapatkan ubahan yang cukup signifikan. Bagian depan terdapat lampu utama dengan desain baru berteknologi full LED. Desain gril turut diubah dengan balutan warna dark chrome, motif berlian, dan emblem RS. Bagian bumper disegarkan dengan desain baru dan penambahan foglamp LED.

Beralih ke bagian samping, Brio RS dilengkapi dengan Power Retractable Black Door Mirror, dan New Smart Entry System. Bagian kaki-kaki menggunakan velg Dark Chrome Sporty Alloy berukuran 15 inci. Sementara bagian belakang Brio RS terdapat lampu model smoked dan bumper belakang dengan diffuser.

2. Toyota Agya GR Sport

Tampak Belakang Toyota Agya GR Sport
Tampak Belakang Toyota Agya GR Sport

Berbeda dengan Honda Brio RS, Toyota Agya GR Sport merupakan mobil yang seutuhnya baru. Generasi kedua dari Toyota Agya ini mengusung platform baru, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Berkat platform baru, ukuran Agya GR Sport yang lebih ringkas, namun memiliki ruang kabin lebih luas.

Soal tampilan, mobil ini memiliki desain yang agresif dan modern. Pada bagian depan, lampu utama Agya GR Sport memiliki desain lebih menyipit dengan teknologi LED. Gril terlihat menggunakan model trapesium yang tampil lebih sporty. Beralih ke bagian samping, lekukan bodi juga terlihat lebih tajam.

Varian GR Sport menggunakan aero kit pada bagian eksteriornya untuk meningkatkan aerodinamika dan tampilan yang sporty. Agya GR Sport hadir dengan emblem GR dan logo Toyota pada bagian gril, warna dual tone, serta velg dual tone berukuran 15 inci.

Secara dimensi, Toyota Agya memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm, dan jarak sumbu roda 2.525 mm.

Interior dan Fitur

1. Honda Brio RS

Interior Honda Brio RS
Interior Honda Brio RS

Beralih ke bagian interior, Brio RS didominasi dengan warna hitam dan abu-abu. Varian RS dibekali dengan jok motif anyar, Illumination Light pada bagian tuas transmisi, Audio Steering Switch, dan Sporty Meter Cluster with Multi Information LCD Display. Honda juga menyematkan layar head unit berukuran 7 inci yang sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto pada varian RS.

Honda Brio sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa struktur rangka G-CON+ACE, Dual Front SRS Airbags, dan sistem pengereman ABS+EBD.

2. Toyota Agya GR Sport

Interior Toyota Agya GR Sport

Agya GR Sport kini hadir dengan interior bernuansa hitam dengan ornamen dark silver, material jok tricot dan aksen logo GR, serta aksen merah pada knob dan kemudi.

Beralih ke bagian dashboard, Agya GR Sport disematkan layar head unit berukuran 8 inci dengan Mirrorlink dan Back Camera. Kluster Instrumen pada Toyota Agya sudah dilengkapi dengan layar MID TFT 7 inci. Pada bagian kemudi terdapat tombol Audio Steering Switch, serta hadirnya paddle shift pada belakang kemudi untuk tipe CVT.

Toyota menyematkan fitur keselamatan pada Agya GR Sport berupa sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Alarm + Mobilizer, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, ISOFIX, Dual Airbag, Seat Belt Warning, dan Speed Sensor Lock.

Baca Juga: Honda Brio Facelift Resmi Meluncur, Ini Spesifikasinya

Spesifikasi Mesin

1. Honda Brio RS

Mesin Brio RS tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan model sebelumnya. City car Honda ini masih menggunakan mesin bensin i-VTEC berkapasitas 1.200 cc dengan tenaga sebesar 90 PS pada 6.000 RPM dan torsi 110 Nm pada 4.800 RPM. Tenaga disalurkan melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan atau CVT dengan Earth Dreams Technology.

2. Toyota Agya GR Sport

Soal performa, Toyota Agya GR Sport dibekali mesin WA-VE berkapasitas 1.198 cc, Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 PS pada 6.000 RPM dan torsi 113 Nm pada 4.500 RPM. Mesin ini dikawinkan dengan opsi transmisi manual 5-percepatan atau otomatis CVT.

Harga

Honda Brio RS tersedia dalam dua pilihan varian, yakni RS M/T dan RS CVT. City car Honda ini hadir dengan warna Crystal Black Pearl, Meteroid Gray Metallic, Electric Lime MetallicPhoenix Orange dan Stellar Diamond. Berikut daftar harga dan varian Honda Brio RS di Indonesia pada tahun 2023.

  • RS MT = Rp233.900.000,-
  • RS CVT = Rp243.900.000,-

Toyota Agya GR Sport di Indonesia tersedia dalam dua pilihan varian, yakni GR Sport M/T dan GR Sport CVT. Mobil ini hadir dalam 7 pilihan warna, diantaranya Black-Red, Black-White, White, Red, Black, dan Yellow. Berikut daftar harga dan varian dari Toyota Agya GR Sport.

  • 1.2 GR Sport M/T = Rp237.500.000,-
  • 1.2 GR Sport CVT = Rp253.500.000,-

mobil terkait

Rp 319.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 497.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 369.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 182.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 179.000.000

Individu

JEMBER

Rp 116.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas