Honda City Terbaru Meluncur di India, Lebih Lengkap dari Versi Thailand

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 25 June 2020

Honda City Terbaru Meluncur di India, Lebih Lengkap dari Versi Thailand

momobil.id – Setelah meluncur di Thailand pada akhir 2019 lalu, Honda City terbaru akan dirilis di India dalam waktu dekat. Rencananya, City generasi ke lima ini akan meluncur di India pada Juli 2020. Secara desain, tidak ada perbedaan yang signifikan antara versi India dengan versi Thailand. Soal fitur, Honda City Terbaru versi India memiliki perbedaan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan versi Thailand, terutama pada sektor fitur keselamatan. Hal ini membuat Honda City versi India memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding versi Thailand.

Desain

Secara desain, tidak ada perbedaan desain Honda City India dengan versi Thailand. Garis bodi Honda City dibuat lebih membulat dengan bentuk grill dan lampu utama yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Lampu utama pada bagian depan dilengkapi dengan LED dan DRL pada bagian atasnya. Untuk dimensinya sendiri, City terbaru ini tidak memiliki perbedaan dimensi, yaitu 4.553 x 1.748 x 1.467 mm (PxLxT).

Fitur

Honda City versi India masih memiliki sebagian fitur yang terdapat di versi Thailand. Fitur tersebut antara lain, keyless berpadu tombol start/stop, remote engine start, head unit layar sentuh 8 inci dengan konektivitas lengkap, Honda Connect telematics system, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, 6 kantung udara dan pelapis interior kulit. Namun, City versi India dilengkapi oleh beberapa fitur yang tidak ada pada versi Thailand.

Fitur yang menjadi pembeda adalah dengan hadirnya sunroof pada City versi India. Adanya sunroof membuat nuansa kabin City menjadi lebih mewah. Di dalam kabinnya, Honda City memiliki fitur kenyamanan antara lain instrumen semi digital 7 inci yang didalamnya sudah tertanam Tyre Pressure Monitoring System (TPMS). Adanya fitur TPMS memberikan informasi mengenai tekanan angin di keempat ban mobil. Selain itu, Honda City India sudah disematkan fitur Alexa Support, dimana beberapa fitur daat diakses lewat perintah suara.

Perangkat keselamatan yang ditambahkan pada versi India adalah sistem LaneWatch. Fitur ini berupa kamera yang terdapat pada tungkai spion samping. Kamera dapat menangkap keadaan lingkungan sekitar mobil dan ditampilkan pada head unit.

Baca Juga : Bersaing dengan Nissan X-Trail dan Honda CR-V, Toyota RAV4 Mengaspal di Malaysia

Mesin

Di Thailand, Honda City memiliki satu pilihan mesin yaitu mesin 1.0 liter 3 silinder turbo. Berbeda dengan Thailand, Honda City di India memiliki 2 pilihan mesin. Pertama adalah mesin bensin berkode L15B 4 silinder berkapasitas 1,5 liter. Mesin tanpa turbocharger berteknologi i-VTEC ini memiliki tenaga sebesar 121 PS dengan torsi 143 NM. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dan CVT. Kedua adalah mesin turbodiesel i-DTEC yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 100PS dan torsi 200Nm. Mesin ini hanya tersedia dalam transmisi manual.


Kembali ke atas