Honda City Versi Hatchback Segera Diperkenalkan di Thailand

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 18 November 2020

Honda City Versi Hatchback Segera Diperkenalkan di Thailand

momobil.id – Teka-teki mengenai kehadiran Honda City varian hatchback akhirnya terjawab usai beredar olah digital dan gambar patennya. Honda City hatchback dipastikan segera hadir di Thailand pada 24 November 2020.

Melalui laman Facebook Honda Thailand, Honda City varian hatchback kabarnya akan menjalani world premiere. Pada hari yang sama, perusahaan bakal merilis City versi e:HEV untuk pertama kalinya di dunia.

Sebagaimana diketahui, Honda City generasi baru sebelumnya telah diperkenalkan pertama kali di Malaysia pada Oktober 2020. Namun peluncuran tersebut ternyata bukan satu-satunya. Honda ternyata punya banyak rencana dengan sedan ini, termasuk peluncuran versi hatcback dan model bermesin hybrid.

Seperti dilansir Kompas.com yang mengutip Paultan, City hatchback pertama kali muncul saat gambar paten mobil ini beredar secara masif di internet pada pertengahan 2020. Singkatnya, kita seperti diperlihatkan sesuatu yang benar-benar baru. Padahal di Tiongkok, Dongfeng Honda pernah menawarkan City versi liftback yang disebut Gienia, yang terlihat mirip dengan model anyar tersebut.

Secara dimensi, City hatchback diperkirakan bakal lebih pendek dari model sedan, namun dengan panjang sumbu roda yang sama. Sebagai referensi, City memiliki dimensi (PxLxT) 4.553 mm x ‘1.748 mm x 1.467 mm, serta jarak wheelbase 2.589 mm. Urusan dapur pacu, City mengusung mesin bensin 3-silinder berkapasitas 1.000 cc dengan turbocharged yang menghasilkan tenaga 122 ps atau setara 120 tk dan torsi 173 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT dengan 7-percepatan.

Sementara mesin e-HEV terdiri dari motor listrik i-MMD dengan dukungan sebuah generator yang berupa baterai lithium-ion 1,3 kWh. Motor listrik ini menghasilkan tenaga 108 ps atau setara 106 tk dan torsi 253 Nm.

Baca juga: Tekanan Angin Ban Mobil Jangan Terlalu Tinggi atau Rendah

Selain itu, mobil ini tetap mengusung mesin bakar internal berupa unit 1.500 cc Atkinson-cycle DOHC i-VTEC bertenaga 98 ps atau setara 96 tk dan torsi 127 Nm. Tidak ada girboks multi kecepatan konvensional di sini, melainkan sebuah transmisi kecepatan tunggal e-CVT yang memungkinkan mesin mendapat penggerak langsung pada kecepatan yang lebih tinggi.


Kembali ke atas