Honda Civic Type R Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp1,4 M

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 March 2023

Honda Civic Type R Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp1,4 M

momobil.id – PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan generasi terbaru Honda Civic Type R di Indonesia pada Kamis (30/03). Memiliki desain yang agresif dan performa yang buas, hatchback 5 pintu ini menjadi Civic tercepat yang pernah dibuat.

“Hari ini kami dengan bangga kami persembahkan untuk pertama kalinya di Indonesia. Versi tercepat dan paling bertenaga, The All New Honda Civic Type R.” ujar Presiden Direktur PT HPM Kotaro Shimizu pada peluncuran Civic Type R di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (30/03).

Varian Type R merupakan model yang dirancang dengan inspirasi sebuah mobil balap. Civic Type R yang meluncur di Indonesia merupakan generasi keenam yang diperkenalkan pada Tokyo Auto Salon, Januari 2022 lalu.

Eksterior

Civic Type R generasi keenam mengambil basis dari Civic generasi kesebelas. Mobil ini memiliki tampilan yang serupa Civic Hatchback dengan tambahan aksesoris yang menunjang performa berkendara. Civic Type R tampak agresif dengan fender yang lebar dan terintegrasi dengan bodi.

Pada bagian eksterior, Civic Type R dilengkapi dengan Gloss Black Front Spoiler, Front Fender Outlet, Gloss Black Side Sill Garnish, Gloss Black Rear Spoiler, Gloss Black Rear Diffuser, dan Triple Outlet Exhaust with Active Exhaust Valve. Baik lampu depan maupun belakang Civic Type R sudah dilengkapi dengan teknologi LED. Bagian samping Civic Type R dilengkapi dengan pelek alloy berukuran 19 inci berwarna Matte Black.

Interior

Pada bagian interior, Civic Type R didominasi oleh nuansa hitam dan merah. Jok dibalut dengan bahan suede dan jahitam merah, serta pelapis Alcantara. Mobil ini juga dilengkapi dengan alumunium shifter, Type R Signature Plate, Aluminium Console, dan All-Digital Interface.

Pada bagian dashboard, Civic Type R dilengkapi dengan layar speedometer berukuran 10,2 inci TFT, serta head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone dan fitur LogR. Mobil ini juga hadir dengan 8 buah speaker, Audio Steering Switch, Meter Cluster Steering Switch, Hands Free Telephone Switch, dan Dual Zone Auto AC.

Baca Juga: Spesifikasi Honda CR-V Hybrid yang Meluncur di Thailand

Spesifikasi Mesin

Civic Type R dibekali dengan mesin 2,0 liter VTEC Turbocharged. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 315 hp pada 6.500 RPM dan torsi maksimal 420 Nm pada 2.600 – 4.000 RPM. Tenaga Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan dengan teknologi Rev Match System. Lewat fitur ini, perpindahan gigi dan pengoperasian pedal menjadi lebih responsif.

Berkat mesin buasnya, Civic Type R memiliki kecepatan maksimal hingga 272 km. Hatchback Honda ini mampu menempuh 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,5 detik. Ada empat mode berkendara yang ditawarkan oleh Civic Type R, yakni Comfort, Sport, +R, dan Individual.

Sementara untuk kaki-kakinya, Civic Type R dilengkapi dengan adaptive damper, suspensi depan Dual Axis Strut, suspensi belakang Multi-link Rear, dan Dual Pinion EPS.

Fitur Civic Type R

Salah satu fitur baru pada Civic Type R adalah Log R. Fitur ini berfungsi untuk mencatat dan menganalisa waktu mengemudi, serta memperlihatkan indikator temperatur, udara, oli, boost pressure, G meter, dll. Fitur lain pada Civic Type R meliputi Rain Sensing Front Wipers, Walk Away Auto Lock, Auto Door Lock by Speed, Smart Key, Smart Entry System dengan Push Start Stop Button, Electric Parking Brake, serta Auto Brake Hold.

Soal fitur keselamatan, Civic Type R generasi keenam sudah dibekali dengan Honda Sensing. Fitur pada Honda Sensing meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM) System, Forward Collision Warning (FCW) System, Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist System (LKAS), Lead Car Departure Notification System (LCDN), serta Auto High Beam Headlights (AHB).

Ketersediaan Warna dan Harga

Di Indonesia, Civic Type R tersedia dalam 5 pilihan warna, yakni Championship White, Crystal Black, Sonic Gray, Rally Red, dan Racing Blue. Mobil hatchback ini dijual dengan harga Rp1.399.000.000,- (on the road DKI Jakarta) dan diimpor secara utuh (CBU) dari Jepang.

mobil terkait

Rp 184.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 161.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 191.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 275.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 169.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 112.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas