Honda dan GM Kembangkan Mesin Hidrogen untuk Mobil Baru

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 January 2024

Honda dan GM Kembangkan Mesin Hidrogen untuk Mobil Baru

momobil.id – Saat ini, banyak produsen otomotif berlomba merancang teknologi baru pada mesin agar lebih ramah lingkungan. Honda mengumumkan kerja samanya dengan GM (General Motors) dalam pengembangan mesin berbahan bakar hidrogen di Amerika Serikat. Sebagai bentuk kerja samanya, Honda dan GM melalui Fuel Cell System Manufacturing (FCSM), LCC.

Didirikan pada Januari 2017 silam, FCSM merupakan perusahaan kerja sama pertama industri otomotif yang berfokus pada sistem sel bahan bakar yang canggih. Pabrik pembuatan baterai GM ini memiliki total investasi sebesar USD85 juta dan dibangun di atas tanah seluas 6.503 m2. FCSM sendiri terletak di Brownstown, Michigan, Amerika Serikat.

Kerja sama Honda dan GM berlangsung sejak tahun 2013 silam. Kedua perusahaan otomotif besar ini mengembangkan sistem sel bahan bakar dengan tujuan menghasilkan sistem yang berbiaya rendah dan praktis dalam memperluas penggunaan dan kegunaannya di masa depan.

Hal ini sejalan dengan target netralitas karbon Honda pada tahun 2050 melalui semua produk dan aktivitas perusahaan. Penelitian dari mesin berbahan bakar hidrogen dan FCEV ini sudah dikembangkan selama lebih dari 30 tahun oleh Honda.

Baca Juga: Honda Prelude Kembali Hadir Sebagai Konsep Mobil Hybrid

Mengenai Pengembangan Mesin Hidrogen Honda dan GM

Unit berbahan bakar hidrogen yang sedang dikembangkan Honda dan GM diklaim memiliki daya tahan yang lebih baik berkat penggunaan bahan tahan korosi dan suhu rendah. Unit berbahan bakar hidrogen hasil pengembangan Honda dan GM nantinya akan digunakan oleh kendaraan FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle) milik Honda yang diluncurkan tahun 2024.

Ada berbagai cara yang dilakukan oleh FCSM dalam pengurangan biaya produksi pengembangan. Pengurangan jumlah logam mulia yang signifikan, standardisasi sumber pengadaan suku cadang, serta peningkatan skala ekonomi melalui produksi besar sudah dilakukan untuk mengurangi biaya produksi. Dengan demikian, biaya sistem sel bahan bakar berhasil dikurangi hingga sepertiga total biaya.

“Kami telah mewujudkan sistem produksi massal berkualitas tinggi yang memperhatikan detail, dan berupaya memanfaatkan teknologi sel bahan bakar hidrogen di masa depan dan awal mulanya era hidrogen. Kami siap memenuhi kebutuhan Anda,” ujar Wakil Presiden FCSM, Tetsuo Suzuki dalam keterangan resminya.

mobil terkait

Rp 198.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 255.000.000

Individu

BOGOR


Kembali ke atas