Honda Jazz Versi JDM Mengaspal di Singapura, Harganya Rp1 Miliaran

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 12 January 2021

Honda Jazz Versi JDM Mengaspal di Singapura, Harganya Rp1 Miliaran

momobil.id – Pada akhir 2019, Honda Jazz generasi keempat telah meluncur untuk pertama kalinya di Jepang. Tak lama kemudian, hatchback tersebut mulai dipasarkan ke sejumlah negara di dunia. Meski begitu, pasar Indonesia belum mendapatkan Honda Jazz versi JDM alias Japan Domestic Market.

Di Indonesia, Jazz merupakan hatchback ternama yang hadir sejak 2006 dan sudah punya banyak penggemar. Absennya Jazz bisa saja mempengaruhi penjualan hatchback Honda ke depannya. Di tengah pertimbangan tersebut, Honda Jazz versi JDM justru meluncur lebih dulu di Singapura. Mobil ini diimpor secara utuh oleh distributor resminya, Kah Motor.

Seperti dilansir Kompas.com yang mengutip laman SG Car Mart, Jazz di Singapura ditawarkan dalam tiga varian, mulai dari 1.5 Base, 1.5 Home, dan 1.5 Luxe e:HEV. “Waktunya tiba bagi kami untuk mengumumkan All New Honda Jazz 2021,” ujar Nicholas Wong, General Manager Honda Kah Motor, dikutip dari SG Car Mart.

Perihal harganya, Jazz terbaru di Singapura dijual mulai SGD95.999 (tipe 1.5 Base) atau setara Rp1,021 miliar, SGD98.999 (tipe 1.5 Home) atau setara Rp1,053 miliar, sampai SGD100.999 (tipe 1.5 Luxe e:HEV) atau setara Rp1,074 miliar. Jazz versi JDM memiliki tampilan bodi yang membulat yang terkesan lebih imut daripada pendahulunya.

Meski begitu, hatchback ini telah dilengkapi Honda Sensing, fitur keselamatan canggih yang membantu pengemudi selama berkendara. Urusan dapur pacu, Jazz varian Base dan Home mengusung mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC bertenaga 119 tk dan torsi 145 Nm. Sementara varian Luxe e:HEV menggendong mesin 1.500 cc i-MMD dengan dua motor listrik dan sebuah baterai lithium-ion, dengan tenaga gabungan sebesar 124 tk dan torsi 253 Nm.

Adapun pasar Indonesia tampaknya akan kedatangan Honda City Hatchback setelah harga mobil tersebut sudah terpantau di situs resmi Badan Pendapatan Daerah Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Sebelum Tergiur Diskon Ban Mobil Baru, Coba Cek Dulu Kode Ini

Dalam daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk jenis Sedan dari merek Honda per 4 Januari 2021, tercantum City Hatchback (HB) bermesin 1.5L dengan nilai jual Rp221 juta (tipe RS CVT) dan Rp213 juta (tipe RS MT).

Besaran angka NJKB tentu belum termasuk hitungan pajak dan marjin perusahaan. Namun melihat kebiasaan harga on the road (OTR), umumnya mobil CKD bisa diasumsikan lebih mahal Rp50 jutaan. Artinya harga Honda City Hatchback kemungkinan mulai Rp260 jutaan sampai Rp270 jutaan.


Kembali ke atas