Hyundai Creta Rusak Parah Akibat Kecelakaan Bisa Dapat Ganti Unit Baru, Apa Syaratnya?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 19 June 2024

Hyundai Creta Rusak Parah Akibat Kecelakaan Bisa Dapat Ganti Unit Baru, Apa Syaratnya?

momobil.id – Belum lama ini terjadi kecelakaan yang melibatkan sebuah mobil Hyundai Creta dengan truk yang membawa kontainer. Bisakah Hyundai Creta yang mengalami kecelakaan mendapat ganti unit baru?

Kecelakaan tersebut terjadi di Jalan Kapuk Kamal Raya, Penjaringan, Jakarta Utara. Muatan kontainer dari truk tersebut menimpa Hyundai Creta yang dikemudikan oleh pria berinisial D.

Akibat tertimpa kontainer, Hyundai Creta berwarna putih itu wujudnya menjadi remuk. Untungnya, pengemudi berhasil selamat setelah sempat terjebak di dalam mobil.

Berkaca dari hal tersebut, konsumen Hyundai Creta perlu mengetahui bahwa Hyundai Motors Indonesia (HMID) memiliki program Replacement Guarantee untuk model Creta. Dengan begitu, konsumen Creta bisa mendapatkan unit baru sebagai pengganti bila mengalami kecelakaan.

Garansi tersebut sudah diperkenalkan Hyundai untuk model Creta pada pameran GIIAS 2021. Lalu, apa syaratnya? Syaratnya adalah kerusakan mobil akibat kecelakaan membutuhkan biaya perbaikan lebih dari 75 persen dari harga unit barunya.

Budi Nur Mukmin selaku Chief Marketing Officer HMID pun membenarkan bahwa program Replacement Guarantee ini masih berjalan hingga sekarang.

Syaratnya sama seperti yang disebutkan di atas, ditambah ketentuan kepemilikan baru satu tahun sejak unit diterima konsumen. “Iya sebenarnya mobil pengganti kita punya mekanisme seperti itu. Jadi dalam periode satu tahun, bila ada kerusakan bisa kita lakukan penggantian. Tapi untuk kasus ini kita perlu lihat dahulu,” ujar Budi.

Jika konsumen telah mendapatkan unit baru pengganti, pemilik yang membeli secara kredit tak perlu melakukan cicilan ulang dari awal. Hanya melanjutkan sisa pembayaran di leasing.

Baca juga: Faktor yang Bikin Pedal Kopling Mobil Manual Terasa Keras atau Terlalu Ringan Ketika Diinjak

Status unit baru itu pun akan dihitung dari nol kembali untuk jaminan garansi keseluruhan. Mekanismenya pengajuan klaimnya sendiri cukup mudah, pemilik mobil yang mengalami kerusakan atau kecelakaan di jalan dapat menghubungi customer service Hyundai untuk melaporkan kejadian laka lantas yang dialami.

Setelah melakukan inspeksi dan perkiraan harga perbaikan, Hyundai berkoordinasi dengan pihak asuransi untuk melakukan program penggantian unit baru. Namun replacement program ini tidak bisa didapat bila pemilik mobil melakukannya secara terus-menerus, termasuk bila ada unsur kesengajaan.

mobil terkait

Rp 373.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 453.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 412.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 370.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 112.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 145.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas