Hyundai Ioniq 5 Meluncur, Diproduksi di Indonesia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 18 March 2022

Hyundai Ioniq 5 Meluncur, Diproduksi di Indonesia

momobil.id – Setelah foto dan bocoran beredar, Hyundai akhirnya memperkenalkan Hyundai Ioniq 5 di Indonesia. Peluncuran Ioniq 5 kali ini terasa spesial, sebab mobil asal Korea Selatan ini menjadi mobil listrik pertama yang dirakit secara lokal. Ioniq 5 produksi lokal ini diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi pada Rabu (16/3). Hyundai Ioniq 5 sendiri akan diproduksi di pabrik Hyundai yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Dengan meluncurnya Ioniq 5 rakitan lokal, Jokowi memastikan bahwa mobil ini menjadi tancapan awal dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

“Hyundai Ioniq 5 ini akan diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia dan pasar ekspor. Saya berharap Ioniq 5 akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Jokowi dilansir dari otomotif.tempo.co

Pertama kali diperkenalkan pada Februari 2021, Hyundai Ioniq 5 merupakan crosover listrik pertama yang dipasarkan dengan merek Ioniq. Mobil listrik ini juga menjadi mobil pertama yang menggunakan platform Hyundai Electric Global Modular Platform (E-GMP). Tidak hanya sekedar hemat energi berdasarkan dapur pacu, Hyundai Ioniq 5 juga mengggunakan material yang ramah lingkungan pada bagian interiornya. Misalnya, jok kulit dilapisi dengan ekstrak tumbuhan dan biji rami. Selain itu, perabotan yang terdapat pada kabin sebagian besar terdiri dari tekstil yang berasal dari serat bio tebu, wol, dan benang poli, serta bahan tenun yang terbuat dari serat botol plastik PET yang dilebur.

Baca Juga: Melihat Lagi Spesifikasi Hyundai Creta Penantang Honda HR-V

Hyundai Ioniq 5 dilengkapi dengan dua pilihan baterai dan tiga sumber penggerak. Baterai utama berdaya 58kWH dengan penggerak roda depan atau belakang yang dapat melesat hingga 185 km/jam. Sementara itu, terdapat pilihan baterai 72,6 kWH dengan 4 penggerak roda yang mampu menghasilkan tenaga 300 dk dan torsi 605 Nm. Kedua baterai ini sudah dilengkapi dengan sistem multi-charging, yang mengoperasikan motor dan inverter secara bersamaan untuk meningkatkan daya dari 400 volt menjadi 800 volt dengan stabil.

Meskipun sudah diperkenalkan, Hyundai Ioniq 5 belum secara resmi diluncurkan di Indonesia. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akan segera melakukan peluncuran resminya di Indonesia. Berdasarkan rumor yang beredar, bisa jadi Hyundai Ioniq 5 akan diluncurkan di IIMS 2022 mendatang.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas